oleh

Banyak Peraturan Sengsarakan Nelayan, Ini Janji Sandiaga Kepada Mereka

-Utama-65 views

 

Tegal, Radar Pagi – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Shalahuddin Uno berdialog dengan nelayan, Kamis (25/10/2018) di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari Jalan Blanak nomor 10 C, Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (25/10/2018). 

Kepada mereka, Sandiaga berjanji akan menghadirkan kebijakan yang pro terhadap kesejahteraan nelayan dan sektor maritim jika terpilih menjadi Wakil Presiden RI.

“Salah satu sektor yang paling produktif nelayan dan maritim, sehingga kami, Prabowo-Sandi akan menghadirkan kebijakan yang bisa memastikan terbukanya lapangan kerja dan kesejahteraan nelayan,” kata Sandi.

Sandi menyoroti masalah perizinan yang masih sulit, sehingga pihaknya akan mempermudah nelayan untuk melaut.

“Intinya diharapkan kemudahan perizinan, tapi kalau hal ini (perizinan) jangan baper ya, karena ini suara nelayan, bagaimana mereka diberikan kepastian untuk melaut, kita akan serius menghadapi ini,” katanya.

Kepada Sandiaga, perwakilan nelayan Tegal, H. Sumarso, menyampaikan bermacam keluhan, termasuk larangan penggunaan cantrang.

“Banyak peraturan dari pemerintah yang justru menyengsarakan nelayan. Pak Sandi harus berjanji jika terpilih harus memperbaiki nasib nelayan. Termasuk perizinan yang lama dan dibolehkannya kembali penggunaan cantrang. Cantrang ramah lingkungan kok,” kata Sumarso.

Menanggapi permintaan tersebut, Sandi menjawab, “Saya tidak berani memberikan janji, karena akan ditagih di dunia dan di akhirat. Tapi jika terpilih percayalah, kebijakan di bidang perikanan akan kami permudah, bukan sebaliknya jangan malah mempersulit hidup para nelayan.”

Direktur materi debat kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said, yang ikut dalam rombongan ke Tegal, membenarkan bila salah satu persoalan yang tengah dihadapi nelayan saat ini adalah kebijakan cantrang.

“Nelayan itu mengalami tekanan berat karena kebijakan cantrang, meskipun sekarang dibolehkan, sifatnya sementara, akibat dari pelarangan itu kita mendengar itu beberapa pabrik pengolahan ikan itu tutup karena kekurangan bahan baku, ini sesuatu yang sangat memberatkan nelayan,” kata Sudirman.

Sehingga, jika Prabowo-Sandi masuk ke pemerintahan, akan mendorong kebijakan dengan solusi permanen. Nantinya, kata Sudirman, nelayan akan diberi ketenangan dalam melaut dan berproduksi.

“kita akan mendorong nelayan kita tenang, produktif, sektor ini memberikan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” ujarnya. (eka) 

Baca juga: http://radarpagi.com/elektabilitas-melorot-di-suvei-prabowo-denny-ja-bukan-tuhan-bidang-polling/

News Feed