oleh

Jokowi Ngeles, Katanya Mobil Esemka Bukan Urusan Presiden

-Ekonomi-341 views

 

Tangerang, Radar Pagi – Presiden Jokowi mengatakan, pembuatan mobil bukan urusan pemerintah, karena dikerjakan oleh industri yang didirikan swasta.

“Urusan saya urusan apa dengan produksi Esemka? Tidak ada urusan pemerintah. Itu urusan orang industri,” kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-33 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, pada saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, dirinya mendorong mobil kreasi anak-anak SMK yang dibantu teknisi perusahaan besar. Salah satu bentuk dorongannya dengan uji emisi dan uji laik jalan.

“Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri, mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kita (pemerintah) lagi. Masak presiden mau bikin pabrik sendiri?” katanya.

Dia menegaskan pemerintah tidak campur tangan tentang produksi mobil Esemka. Sepenuhnya produksi itu dikerjakan oleh swasta.

“Kami nggak ikut campur di situ,” kata dia.

Namun Jokowi mengatakan, dirinya tetap mendukung keberlanjutan produksi mobil Esemka. Ia berjanji akan hadir untuk meresmikan andai pihak industri benar-benar merealisasikannya. “Kalau itu jadi, saya pasti datang dan akan saya buka karena itu jelas brand dan principal Indonesia,” kata dia.

Seperti diketahui mobil Esemka merupakan purwarupa yang dihasilkan oleh anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namanya terkenal saat Jokowi menggunakan mobil tersebut sebagai kendaraan dinas saat menjabat sebagai Walikota Solo.

Pabrik mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi, didirikan di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, dan memproduksi salah satu jenis kendaraan yakni pick up.

Pabrik tersebut sudah mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe dan Sertifikat Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan.

Dalam waktu dekat,  pabrik mobil itu dikabarkan bakal meluncurkan mobil buatannya, jenisnya mirip SUV. Dikabarkan sedikitnya ada 40 alumni SMKN1 Sambi, tempat asal mula Mobil Esemka, yang bekerja di sana. (rian)

Baca juga: http://radarpagi.com/elektabilitas-melorot-di-suvei-prabowo-denny-ja-bukan-tuhan-bidang-polling/

News Feed