oleh

Peringatan HSP ke-90 di Nias Selatan: Pemuda Diminta Berperan Aktif di Era Teknologi

-Sumatera-60 views

 

Nias Selatan, Radar Pagi – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 di Lapangan Adam Malik Kecamatan Gomo, Senin (29/10/2018).

Sumpah Pemuda yang bertemakan “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” merupakan sebuah komitmen dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara karena pemuda adalah pelopor Bangsa Indonesia.

Turut Hadir pada peringatan sumpah pemuda di Lapangan Adam Malik Kecamatan Gomo, di antaranya Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, Perwakilan Dandim Nias Kapten Inf Hezaro Gulo, aparat TNI-Polri, Kasat Pol PP Kab. Nias Selatan, Kepala Rutan Tello Eben Haezer Depari, Perwakilan Kajari Teluk Dalam, Kadis Pendidikan, sejumlah Camat, Tokoh Pemudah, Tokoh Masyarakat, serta para pelajar se-Kecamatan Gomo.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang berpesan bahwa revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri-ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Hari ini kita memperingati hari yg sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu hari Sumpah Pemuda yang ke 90 tahun 2018. Kita semua berhutang budi kepada tokoh pemuda tahun 1928 yg telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” kata Hilarius.

Kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri, inovatif, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewira usahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat 2 mata pisau. Satu sisi memberikan dampak positif, dan sisi lainnya memberikan dampak yang negatif. Untuk itu hendaknya para pemuda di Kabupaten Nias Selatan, khususnya di Kecamatan Gomo agar lebih berperan aktif memberikan sisi positif dalam perkembangan teknologi saat ini,” ujar Hilarius. (Wilson Loi)

News Feed