oleh

Mantan TKI Demo Kedubes Arab: Pemerintah Tak Pernah Lindungi Kami

-Utama-76 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Gabungan elemen aktivis yang menamakan diri mereka Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (Kabar Bumi) mengecam keras tindakan pemerintah Arab Saudi seenaknya memancung Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Tuti Tursilawati.

Menurut mereka, pemerintah selama ini tidak pernah melindungi tenaga kerja di luar negeri.

“Kami tidak pernah dilindungi oleh pemerintah, pahlawan devisa bukan julukan bagi kami,” teriak koordinator advokasi Kabar Bumi, Wiwin Warsiating saat menggelar demo di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di , Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Dalam orasinya, Wiwin yang pernah 10 tahun bekerja di Hongkong mengatakan pada tahun 2015 buruh migran bernama Siti Zainab tiba-tiba dipenggal di Arab Saudi, dan dengan enaknya pemerintah mengatakan ‘kami kecolongan’. Kabar Bumi mempertanyakan sampai kapan pemerintah mau menggunakan kalimat tersebut sebagai alasan.

Dalam aksinya, para peserta aksi juga meneriakkan yel-yel bahwa Arab Saudi bukan hanya pembunuh yang tidak memiliki rasa kemanusiaan.

Sebagai wujud pelampiasan kekecewaan, para demonstran membentangkan pita bertuliskan ‘kedutaan ini disegel’.

Pita berwarna dasar kuning dan bergaris hitam itu dibentangkan di luar pagar Kedutaan Besar Arab Saudi.

Sementara itu, aktivis KontraS Putri Kanesia mengatakan setiap elemen masyarakat berhak marah atas insiden hukuman mati yang diterima Tuti. Padahal, kata Putri, Tuti hanya korban kebengisan dan pelecehan dari.

Tuti diketahui mulai bekerja di Arab Saudi sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) sejak 2009. Lalu, pada 2010, ia mengalami kekerasan seksual perkosaan yang dilakukan ayah majikannya. 

Tuti yang merasa dendam, belakangan memukul pria tua itu hingga tewas. Setelah itu, Tuti kabur ke Mekkah membawa perhiasan dan uang majikannya. Tuti melakukan itu karena selama 8 bulan bekerja di sana, dia cuma menerima gaji selama 2 bulan. Namun naas, saat melarikan diri itu, Tuti justru kembali diperkosa sembilan pemuda Arab Saudi dan uang curiannya dirampas. (gunawan)

Baca juga: http://radarpagi.com/kunjungi-kota-palu-sandiaga-belanja-tempe-di-pasar-inpres-manonda/

News Feed