oleh

Ayo Tanam Pisang dan Nanas, Dua Komoditas Ini Jadi Fokus Ekspor Pemerintah

-Ekonomi-119 views

 

Makassar, Radar Pagi – Pemerintah mendorong peningkatan jumlah dan nilai ekspor komoditas pangan berupa nanas dan pisang untuk meningkatkan  kesejahteraan petani di Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, ekspor produksi pertanian berupa buah di tanah air, terutama nanas dan pisang, bisa terus dimaksimalkan di masa mendatang.

“Jadi kita terus mendorong (budidaya pisang dan nanas) karena ini merupakan komoditas ekspor yang potensial,” ujar Amran di Universitas Cokroaminoto, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/11/2018) kemarin.

Amran pun meminta petani untuk lebih kreatif dalam upaya meningkatkan produksi pangan berskala ekspor.

“Nanas kita lanjutkan (budidayanya) karena jika tidak salah untuk produksinya yang mencapai enam juta boks telah kita ekspor,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melirik ekspor komoditas pangan yang selama ini telah dikembangkan petani di wilayah perbatasan Indonesia dengan Singapura, tepatnya di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, di antaranya nanas, pisang, durian dan kelapa.

Di Kabupaten Karimun sendiri, disebutkan jika ada kebun nanas seluas 130 hektare yang bisa menjadi pemasok bagi ekspor Indonesia.

Pada Sabtu (20/10/2018) silam, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq didampingi Dirjen Hortikultura Dr. Suwandi meresmikan Launching Perdana Ekspor Nanas dan Pisang Kundur ke Singapura. Acara ini sekaligus meresmikan Unit Penanganan Segar (Packing House Operation) Buah Ekspor yang berlokasi di Tanjung Berlian, Pulau Kundur.

Balai Besar Pascapanen Kementerian Pertanian mengambil peran yang cukup penting dalam rangka ekspor perdana ini. Tidak hanya memberikan rekomendasi teknologi tetapi ikut serta dalam melengkapi peralatan-peralatan yang diperlukan oleh suatu unit penanganan segar buah (PHO), seperti penyediaan alat pembersih nenas (blast air compressor), meja-meja persiapan dan sortasi, bak pencucian dan  ozon generator.

Dengan fasilitas PHO yang cukup memadai diharapkan dapat memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh negara tujuan ekspor.  (yandrilla)

Baca juga:  http://radarpagi.com/ini-cara-budidaya-pisang/

Baca juga: http://radarpagi.com/ini-cara-budidaya-nanas-yang-benar/

News Feed