oleh

Cuaca Tidak Mendukung, Pendaki Bandung yang Tewas Tertimpa Batu di Puncak Cartenz Belum Dievakuasi

 

Intan Jaya, Radar Pagi – Seorang pendaki asal Kota Bandung, Jawa Barat, Andika Pratama (35), tewas tertimpa batu saat mendaki Puncak Cartenz atau Carstenzs Pyramid di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kecelakaan terjadi Sabtu (3/11/2018) kemarin sekitar pukul 13.26 WIT. Sampai berita ini diturunkan, Minggu (4/11/2018) upaya evakuasi jenazah korban masih dilakukan.

Plt. Kapolres Mimika AKBP Fernando Napitupulu di Jayapura, Minggu pagi tadi mengatakan, jasad korban belum dapat dievakuasi dengan helikopter yang dicarter dari Timika akibat cuaca yang tidak mendukung.

“Korban naik ke base camp Carstenzs Pyramid  pada 29 Oktober lalu bersama CV Cesta Adventure sebagai agen perjalanan,” kata AKBP Napitupulu. 

Belum diketahui pasti jumlah pendaki yang bersama korban saat peristiwa naas itu terjadi.

Puncak Cartenz yang diselimuti salju adalah puncak tertinggi di Indonesia, bahkan  tertinggi di wilayah Oceania dan Benua Australia. Di wilayah Asia, Gunung Cartenz berada di posisi nomor dua setelah Gunung Hkakabo Razi, Myanmar, yakni setinggi 5.881 mdpl. 

Gunung Cartenzs termasuk ke dalam area Taman Nasional Lorentz, yang diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 1999. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang beragam budaya yang mengagumkan.

Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30 ribu tahun dan merupakan tempat kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat. (Om Yan)

Baca juga: http://radarpagi.com/tni-polri-diserang-saat-evakuasi-jasad-tukang-ojek-dua-kkb-tewas/

News Feed