oleh

Hari Ini KNKT Unduh Data Kotak Hitam Lion Air JT610

-Jabodetabek-534 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berencana mengunduh data kotak hitam Lion Air JT610, pada Minggu (4/11/2018). Dari data kotak hitam tersebut akan diketahui apa sebenarnya yang terjadi pada pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang tersebut.  

Kepala Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, menjelaskan pihaknya tengah membersihkan flight data recorder (FDR) yang menjadi  salah satu bagian dari kotak hitam.

FDR Lion Air JT610 ditemukan dalam keadaan rusak di bagian luar, namun belum ditemukan kerusakan di bagian kartu memori yang berfungsi menyimpan data. Nurcahyo optimis pihaknya dapat mengunduh data dari kotak hitam itu.

“Selama ini kami selalu berhasil mengambil datanya,” ujar Nurcahyo, beberapa saat lalu.

Setelah FDR rampung dibersihkan, langkah selanjutnya adalah mengunduh data dalam kartu memori. Untuk itu, Nurcahyo bakal menggunakan dua kotak hitam anyar. 

Kotak hitam berisi rekaman suara percakapan pilot dan co pilot di kokpit selama penerbangan. Dari percakapan mereka dapat diketahui masalah apa saja yang terjadi selama penerbangan. (jar)

Baca juga: http://radarpagi.com/ylkl-tantang-audit-ditjen-perhubungan-udara-awasi-lion-air/

 

 

News Feed