oleh

Kapitra Sebut Habib Rizieq Diperiksa Polisi Arab Gara-gara Bendera HTI

-Nasional-73 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dikabarkan ditangkap kepolisian Arab Saudi di kediamannya di Kota Mekah. Namun Kapitra selaku kuasa hukum Rizieq mengatakan kliennya tak ditangkap, melainkan hanya diperiksa lantaran ada bendera bertuliskan kalimat tauhid, yang dianggap sebagai bendera ormas terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), terpasang di tembok rumahnya.

Kapitra menjelaskan, bendera tersebut diduga dipasang di tembok dinding rumah yang ditempati Habib Rizieq oleh orang tak dikenal.

“Iya, diduga ada orang yang pasang bendera berkalimat tauhid di dinding tembok rumah Habib Rizieq Shihab,” kata Kapitra di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Meski Kapitra menduga bendera tersebut dipasang orang tak dikenal, tetapi beberapa pihak menilai bendera tersebut dipasang oleh Rizieq sendiri.

Pegiat Media Sosial Dede Budhyarto menulis di akun twitternya yang sudah terverifikasi, bahwa Habib Rizieq Shihab ditangkap karena memasang bendera tulisan tauhid di rumahnya.

“Diperiksanya Rizieq Shihab oleh kepolisian Arab Saudi karena diduga memasang bendera Tauhid di kediamannya, telah membungkan tukang demo,” cuitnya.

Demikian pula dengan akun politisi PSI Muhamad Guntur Romli, yang menulis bahwa Habib Rizieq Shihab diperiksa karena memasang bendera tauhid di rumahnya.

Sementara pengacara Rizieq lainnya, Sugito Atmo Pawiro, mengaku belum bisa memastikan siapa sebenarnya yang memasang bendera itu.

“Belum tahu juga itu memang benar ada (bendera) atau ada orang lain yang memasang terus difoto,” kata Sugito.

Sebelumnya Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel, saat dihubungi, Selasa (6/11/2018) malam kemarin tidak berani memastikan mengenai penyebab ditangkapnya Habib Rizieq. “Belum bisa pastikan karena tak bisa menjawab berandai-andai tanpa bukti yang fixed (pasti),” kata Agus.

Namun dia menduga masalah visa yang sudah habis menjadi penyebabnya.  Dia memastikan bahwa Rizieq yang keluar dari Indonesia sejak April tahun 2017 termasuk warga negara Indonesia yang visanya sudah habis masa berlakunya sejak Juli lalu. (jar)

Baca juga:  http://radarpagi.com/visa-habis-diduga-jadi-sebab-habib-rizieq-ditangkap-polisi-saudi/

News Feed