oleh

Visa Habis Diduga Jadi Sebab Habib Rizieq Ditangkap Polisi Saudi

-Nasional-223 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Arab Saudi – Polisi Arab Saudi dikabarkan menangkap pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Kementerian Luar Negeri meminta Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi untuk mengecek langsung berita tentang penangkapan tersebut. Namun pengacara Rizieq, Eggy Sudjana, membenarkan peristiwa itu.

“Diplomat Indonesia sedang menuju Kota Mekah untuk mengecek langsung ke tempat tinggal Rizieq Shihab,” kata Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel, saat dihubungi, Selasa (6/11/2018) malam.

Dia mengaku belum menerima nota dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. “Karena biasanya kalau ada WNI yang terkena kasus hukum, pihak Arab Saudi akan memberi tahu lewat nota Kemenlu. Jadi kalau ukuran diplomatik, biasanya harus pakai nota,” kata dia.

Agus tidak berani memastikan mengenai penyebab ditangkapnya Habib Rizieq. “Belum bisa pastikan karena tak bisa menjawab berandai-andai tanpa bukti yang fixed (pasti),” kata Agus.

Namun Agus memastikan bahwa Rizieq yang keluar dari Indonesia sejak April tahun 2017 termasuk warga negara Indonesia yang visanya sudah habis masa berlakunya sejak Juli lalu.

Dia mengatakan, warga asing yang sudah habis masa berlaku visanya dan dijaring oleh pihak imigrasi Saudi, menurut hukum di sana, akan segera dibawa ke bandara untuk dideportasi.

Selain dideportasi, kemungkinan besar Rizieq juga akan menerima hukuman denda dan pencekalan tidak boleh masuk lagi ke Arab Saudi selama beberapa tahun ke depan.

“WNI overstayer (kelebihan masa tinggal) akan kena denda imigrasi sekitar 15-30.000 real atau per orang sekitar Rp120 juta, kali lima keluarganya (Rizieq), kemudian ada hukuman beberapa tahun tak bisa masuk Saudi,” kata Agus.

Untuk masalah pendampingan kepada Rizieq dan keluarganya, Agus berjanji akan semaksimal mungkin melakukannya.

“Kami lakukan semuanya untuk memberi pendampingan, para ekspatriat Indonesia, saya menggunakan istilah ini termasuk untuk tenaga kerja Indonesia, di Saudi dalam masalah apapun,” katanya.

Sementara itu, pihak pengacara Habib Rizieq Eggy Sudjana mengatakan sudah mengkonfirmasi kepada pihak kuasa hukum Habib Rizieq lainnya, Sugito Atmo Prawiro, mengenai kabar penangkapan tersebut. Diketahui Habib Rizieq benar diperiksa oleh kepolisian Arab Saudi.

“Jadi saya sudah berkomunikasi dengan Sugito. Sugito ini kan yang mengkoordinasi, membagi tugas. Sugito menyatakan memang benar ada pemeriksaan terhadap Habib Rizieq, tapi belum bisa dikonfirmasi (penangkapan atau pemeriksaan) itu berkaitan dengan apa,” kata Eggy. (jar)

Baca juga: http://radarpagi.com/kapitra-sebut-habib-rizieq-diperiksa-polisi-arab-gara-gara-bendera-hti/

News Feed