oleh

Ucapan Jokowi Soal Politikus Genderuwo Dijamin Bikin Panas Kuping Kubu Lawan   

-Nasional-71 views

 

Tegal, Radar Pagi – Saat melakukan kunjungan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018), Presiden Jokowi menyebut ada politikus-politikus genderuwo yang kerjanya cuma bikin takut rakyat.

Para politikus genderuwo itu, kata Jokowi, cenderung tidak memandang etika berpolitik dan keberadaban.

“Coba kita lihat politik dengan propaganda menakutkan, membuat ketakutan dan kekhawatiran. Setelah (masyarakat) takut, yang kedua membuat sebuah ketidakpastian. Masyarakat memang digiring untuk ke sana. Dan yang ketiga, masyarakat akan menjadi ragu-ragu,” kata Jokowi di Gelanggang Olahraga Tri Sanja, Jumat (9/11/2018).

“Cara-cara seperti ini adalah cara-cara politik yang tidak beretika. Masak masyarakatnya sendiri dibuat ketakutan? Itu namanya politik genderuwo, menakut-nakuti,” sambungnya.

Jokowi berharap agar cara-cara berpolitik serupa itu segera ditanggalkan dan sudah selayaknya masyarakat ‎ memperoleh contoh politik yang baik serta menghadirkan kegembiraan pesta demokrasi ini.

Menurut Jokowi, kita harus mengarahkan kematangan dan kedewasaan berpolitik dengan cara-cara yang santun. “Oleh sebab itu, sering saya sampaikan, hijrah dari ujaran kebencian kepada ujaran kebenaran, hijrah dari pesimisme kepada optimisme, hijrah dari kegaduhan ke kerukunan dan persatuan,” ujar Jokowi.

Menanggapi sindiran Jokowi kepada politikus yang suka menyebar propaganda dan ketakutan kepada masyarakat, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Mar’uf, Raja Juli Antoni menilai politik genderuwo yang disampaikan Jokowi akan memancing kemunculan elit-elit politik yang selama ini kerap menebar ketakutan, kebencian, pesimisme, hoaks, dan propaganda.

“Siapa mereka yang disebut politik genderuwo, nanti akan muncul dengan sendirinya karena (merasa) panas. Rakyat akan melihat, oh ini toh wajah-wajah genderuwo dalam bentuk lain,” ujar Antoni kepada wartawan di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Menurut Antoni, melalui sindiran tersebut, Jokowi berusaha mengingatkan para elit politik untuk tidak menggunakan politik manipulatif penuh kebohongan yang hanya menakuti-nakuti rakyat.

Genderuwo adalah sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh.

Genderuwo dikenal paling banyak dalam masyarakat di Pulau Jawa, Indonesia. Orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” dan orang Jawa umumnya menyebutnya “gendruwo” atau “genderuwa”. (gun/zal)

Baca juga: http://radarpagi.com/dicari-aktor-inteklektual-pemasangan-bendera-tauhid-di-kediaman-habib-rizieq/

News Feed