oleh

Pengusaha UMKM Diminta Naik Kelas Jadi “Pengusaha Gede”

-Ekonomi-618 views

 

Bandung, Radar Pagi – Presiden Jokowi mengingatkan para pelaku industri kreatif agar tidak terus merasa jadi pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), khususnya dalam pengajuan kredit.

Jokowi menyebutkan, pemerintah telah memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku industri UMKM dengan bunga kredit sudah diturunkan menjadi 7 persen. Namun plafon KUR, lanjut Jokowi, sudah dinaikkan jadi Rp500 juta. Kalau pelaku industri kreatif membutuhkan modal di atas Rp500 juta, Presiden menyarankan untuk lepas dari UMKM.

“Kalau sudah gede, ya jangan merasa di situ (UMKM) terus, enggak jadi menengah nanti,” kata Jokowi  saat berdialog dengan para milenial pelaku industri kreatif, di Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018) malam.

“Kalau sudah mentok 500 dan meloncat ke bunga yang komersial. Jadi bisa menjadi apa miliar dan bisa naik lagi triliun kalau perlu, gitu. Jangan yang UMKM di bawah itu,” tutur Jokowi lagi.

Jokowi menjelaskan, pemerintah ingin agar pengusaha kecil bisa jadi pengusaha menengah, “Dan (pengusaha) menengah menjadi gede,” katanya.

Untuk itu, pemerintah menyiapkan sebuah lembaga modal ventura untuk memback up digital ekonomi yang sampai saat ini memang belum ada yang berani membiayai start up kita untuk bisa meloncat ke jenjang yang lebih tinggi.

Dia menyampaikan kebanggaannya karena sudah ada 4 unicorn yang kita miliki sekarang ini dari 7 yang ada di ASEAN 4 , yaitu Gojek, Traveloka, Bukalapak sama Tokopedia.

“Saya senang Gojek sekarang sudah mulai ekspansi ke Vietnam akan ke Filipina, akan ke Singapura,” ucap Jokowi. (heri)

 

 

News Feed