oleh

Longsor di Gomo Telan 7 Jiwa, Bupati Nias Selatan Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

-Sumatera-90 views

 

Nias Selatan, Radar Pagi – Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menetapkan status tanggap darurat tingkat Kabupaten atas peristiwa bencana longsor yang terjadi di Bukit Hiliziloto Desa Suka Maju Mohili Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara pada Sabtu (10/11/2018) pekan kemarin.

Status tanggap darurat tersebut disampaikan Bupati Nias Selatan saat menjawab pertanyaan wartawan di lokasi kejadian longsor yang menelan 7 korban. Dimana sampai saat ini baru satu orang yang ditemukan, enam korban lainnya diduga masih tertimbun tanah.

“Ya, karena ada 7 korban yang meninggal dan saat ini baru 1 orang yang ditemukan serta ada juga rumah warga yang tertimbun akibat peristiwa longsor itu, maka Pemerintah Daerah menetapkan status tanggap darurat. Ini ditetapkan sebagai bencana Kabupaten sampai batas yang belum ditentukan,” ujar Bupati.

Dia juga berharap agar semua masyarakat memanjatkan do’a agar para korban secepatnya ditemukan. 

“Mari Kita sama-sama berdoa agar para korban ditemukan secepatnya dan kita bersama tim SAR gabungan dibantu dengan warga dan aparat desa serta aparat Kecamatan akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pencarian terhadap para korban dan mudah-mudahan keenam orang  korban yang masih tertimbun bisa cepat ditemukan,”  katanya.

Selain itu, Pihaknya mengimbau para warga yang rumahnya berada dekat lokasi longsor supaya mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman atau pindah ke rumah kerabat guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mengingat lokasi bencana diduga masih rawan akibat hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Nias Selatan.

Saat ini pemerintah daerah telah mengirimkan alat berat ke lokasi untuk mempermudah pencairan para korban. Tak hanya itu, kebutuhan makanan juga akan dikirim dari Kabupaten ke lokasi yang terdampak bencana. (WL)

News Feed