oleh

Polda Sulawesi Selatan Periksa Sekretaris KPU Terkait Dana Hibah Rp60 Miliar

-Sulawesi-292 views

 

Makassar, Radar Pagi – Penyidik Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Selatan memeriksa Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar Sabri terkait dugaan penyalahgunaan dana hibah senilai Rp60 miliar dari pemerintah setempat.

“Hari ini kembali penyelidikan dilakukan oleh penyidik Ditreskrimsus dan ada dua yang diperiksa sebagai saksi dalam dugaan penyalahgunaan dana hibah Pemkot Makassar itu,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Senin (12/11/2018).

Selain Sekretaris KPU Makassar Sabri, Kepala Sub Bagian Teknis KPU Nur Haeriah juga menjalani pemeriksaan.

Dicky menyatakan pemeriksaan keduanya hanya sebatas saksi dan keduanya diminta hadir ke Mapolda Sulsel oleh penyidik untuk diklarifikasi terkait beberapa data-data penggunaan anggaran hibah.

Sebelumnya, Mapolda Sulsel menerima aduan masyarakat terkait dugaan tindak pidana penyalahgunaan dana hibah untuk mensukseskan pilkada Makassar.  

“Jadi awalnya ada laporan masuk mengenai dugaan tindak pidana penyalahgunaan dana hibah ini, karena pemerintah kota anggarkan Rp60 miliar untuk empat pasangan calon, tapi ternyata hanya satu pasangan calon. Belakangan (KPU Makassar) minta tambah lagi miliaran dan ini sedang kami usut,” kata Dicky Sondani.

Diberitakan sebelumnya, KPU Makassar meminta tambahan anggaran sebesar Rp25 miliar kepada Pemkot Makassar untuk menutupi segala jenis kekurangan serta piutang seperti gaji dari anggota adhoc KPU Makassar.

Namun permintaan tersebut ditolak DPRD Makassar karena para komisioner KPU belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tersebut. (zal)

 

News Feed