oleh

Pemkot Tangerang Teruskan Program Bedah Rumah dan Jamban Sehat

-Ekonomi-768 views

 

Tangerang, Radar Pagi – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman membuat program bedah rumah yang dimulai pada tahun 2014. Sampai 2017 kemarin, total bedah rumah sudah mencapai 4.925 unit. Pada tahun 2018 ini total pembangunan hingga 2018 sudah sebanyak 6.248 unit rumah.

“Dengan total 6.248 program bedah rumah yang kami buat sudah melebihi target rencana. Karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Tangerang Dafyar Eliadi, di Tangerang, beberapa saat lalu.

Dengan total pembangunan bedah rumah yang sudah melebihi target pada tahun 2018, Dinas Perkim pun akan merencanakan peningkatan pada tahun 2019, namun masih dalam tahap rencana.

“Karena sudah dibangun dan dirapihkannya rumah warga, diharapkan warga pun dapat menjaga dan memeliharanya dengan baik,” ujarnya.

Selain mengelar program bedah rumah, Pemkot Tangerang juga terus membangun sarana jamban sehat. Kepala Seksi P3 Shandy Sulaeman mengatakan, di tahun anggaran 2018 ini berbagai program unggulan dirancang agar masyarakat semakin nyaman dengan sarana dan kepedulian yang ditunjukkan Pemerintah Kota Tangerang.

“Di tahun 2018 ini sudah mecapai 1.671 jamban yang di bangun agar masyarakat kota Tangerang tidak buang air besar sembarangan, dan tetap menerapkan PHBS” ujarnya

Dia mengatakan, bio septic tank merupakan salah satu inovasi terbaru dalam program Jamban Sehat.

“Bio Septic Tank ini memiliki kapasitas yang beragam yakni mulai dari ukuran 600 liter, 1.500 liter, 3.000 liter, 5.000 liter hingga yang terbesar yaitu 20.000 liter dan setiap 6 bulan sekali kami akan melakukan pengecekan dan di berikan kaporit guna untuk menghancurkan bakteri,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya program Jamban Sehat melalui pemasangan Bio Septic Tank ini maka masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulillah, setelah dibuat jambanisasi ini masyarakat tidak lagi bab (buang air besar) sembarangan tetapi saya berharap dengan adanya program jamban sehat ini masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” harapnya. (rian)

 

 

News Feed