oleh

Dalang Poster ‘Raja Jokowi’ Diminta Datang ke PDIP, Dijamin Tidak Akan Lecet

-Utama-167 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Poster-poster dan stiker bergambar capres petahana Joko Widodo dengan kostum raja Jawa tersebar di pelosok Jawa Tengah. Siapa dalang di balik pemasangan atribut ‘Raja Jokowi’ itu?

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto mengaku berhasil mengamankan sejumlah pelaku yang disuruh pasang bendera.

“Kita tanya siapa yang suruh. Dia bilang ini perintah dari orang di pusat. Tapi tak bisa sebut siapanya. Ditanya ambil dari mana? Dikasih tahu dan ketemu orangnya. Saat ke sana, di situ juga ada 800-an yang belum dipasang. Kita foto orangnya. Kita data semuanya,” ujar Bambang Pacul dalam keterangannya, Rabu (14/11/2018).

Bambang menjelaskan, dari penelusuran lebih lanjut ternyata diketahui, pemberi instruksi pemasang poster itu berada di satu tempat penginapan. Ia bilang dari interogasi disebut pelaku pemasang menyebut pihak pemberi intruksi berada di Hotel Siliwangi, Semarang.

Dikatakan Bambang, para pemasang mengaku hanya rakyat biasa yang secara pribadi memilih Jokowi. Namun, butuh uang untuk hidup. Dari pemasangan poster, mereka dibayar Rp10 ribu, diluar APK yang sudah disediakan.

“Dibayar Rp10 ribu per poster. Itu di luar APK. Setiap desa pasang 10,” kata Bambang.

Dari informasi yang dikumpulkannya, ada sejumlah stiker yang juga dipasang di ratusan angkutan kota (angkot). Para pemilik angkot itu mengaku dibayar Rp100 ribu untuk mengizinkan angkornya dipasangi stiker bergambar Jokowi bermahkota raja. Pemilik angkot di wilayah Pati dan Blora malah dibayar Rp150 ribu.

Bambang menegaskan bahwa poster tersebut tidak mungkin dari PDIP pasalnya tidak sesuai dengan apa yang diperjuangkan partainya.

“Sebab substansinya tak mencerdaskan. Hari ini era demokrasi. Semua jabatan publik didapatkan melalui election. Pak Jokowi adalah juga presiden pilihan rakyat. Berarti ini berusaha melecehkan kecerdasan rakyat, PDIP, dan presiden. Ini melecehkan,” katanya.

PDIP menunggu kedatangan pihak yang bertanggung jawab atas pemasangan atribut capres Joko Widodo yang berbusana raja. PDIP menjamin pertemuan berlangsung damai.

“Kami tunggu penanggung jawabnya datang ke DPD PDIP Jateng. Kalau dia datang, akan kami ajak diskusi kenapa dia pasang begini. Kami menunggu kekesatriannya. Dijamin tidak akan lecet,” kata Bambang.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan pihaknya ataupun pendukungnya tak mungkin membuat dan memasang poster tersebut lantaran masalah biaya.Menurut Habiburokhman, poster ‘Raja Jokowi’ yang tercetak dan tersebar luas di daerah Jawa Tengah pasti berbiaya mahal. Karena itu, tak masuk akal jika PDIP, lanjut dia, menuduh kubu ‘anti-Jokowi Presiden’ sebagai dalang di balik peredaran poster ‘Raja Jokowi’. 

“Secara logika nggak masuk akal jika oposisi yang membuat dan memasang spanduk tersebut karena biayanya pasti mahal sekali. Spanduk Prabowo-Sandi saja belum banyak tercetak karena keterbatasan biaya,” kata Habiburokhman, Selasa kemarin.

Dia menyarankan mereka yang merasa dirugikan segera melapor ke polisi. “Saran konkret agar mereka lapor polisi saja, pasti akan terungkap siapa pelakunya,” ucap Habiburokhman. (rian)

Baca juga: http://radarpagi.com/hasil-survei-terbaru-lsi-jokowi-maruf-kembali-unggul/

 

News Feed