oleh

Politisi Muda PSI Mengapresiasi Penerbangan Perdana Maskapai Garuda Rute Jakarta-Nias

-Ekonomi-549 views

 

Nias Selatan, Radar Pagi – Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Nias Selatan, Eksaudin Zebua, mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah sehingga penerbangan pesawat milik maskapai Garuda Indonesia rute Jakarta – Nias dapat terlaksana.

Eksaudin Zebua mengatakan, adanya penerbangan langsung dengan  pesawat jenis CRJ Bombardier 1000 generasi terbaru yang berkapasitas 96 penumpang ini akan menggeliatkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata dan meningkatkan kemudahan akses masyarakat.

“Hal ini merupakan terobosan hebat dari pemerintah daerah yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota di Kepulauan Nias, karena telah membuat Kepulauan Nias selangkah lebih maju dan mudah dikunjungi oleh wisatawan,” ujar Eksaudin Zebua saat dihubungi Radar Pagi melalui selular, Kamis (15/11/2018).

Namun dia merasa masih ada tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Nias yaitu kesiapan menyambut kedatanga wisatawan.

“Dengan kemudahan akses ini, pintu Kepulauan Nias sebagai destinasi wisata akan terbuka lebar. Tentu pemerintah daerah dan masyarakat, terlebih-lebih generasi milenial atau anak-anak muda harus lebih dulu bersiap denga kehadiran mereka (wisatawan),” katanya.

Eksaudin Zebua yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh pemuda Nias ini mengingatkan bahwa kemudahan akses menuju Nias saat ini merupakan anugerah, tetapi sekaligus menjadi tantangan.

“Masyarakat khususnya anak-anak muda yang kreatif harus membaca peluang ini melalui cara cara yang kreatif,” katanya.

Salah satunya, kata Eksaudin, dengan mempromosikan destinasi wisata melalui medsos yang dikemas dengan baik.

“Platform youtube, instagram, twitter dan medsos lainnya harus dimanfaatkan secara maksimal oleh anak muda kreatif untuk promosi,” ujarnya.

Selain itu, sambung Eksaudin, pemerintah harus benar-benar mempersiapkan kemudahan akses menuju destinasi wisata secara komprehensif.

“Pemerintah daerah di Kepualaun Nias harus kerjasama menyiapkan kemudahan akses untuk wisatawan, terutama jalan menuju destinasi wisata, bahkan kerjasama ini harus menjadi agenda penting FORKOPIMDA yang saat ini diketuai Bapak Faduhusi Daely,” katanya.

Momen penting penerbangan perdana dari Jakarta langsung menuju Pulau Nias, menurut Eksaudin akan menjadi hari bersejarah yang akan selalu diingat, apalagi berkaitan juga dengan pelaksanaan Yaahowu Nias Festifal. Untuk itu kerjasama stakeholder, baik pemerintah, LSM, masyarakat dan pers harus terjalin erat demi kemajuan bersama.

“Sekali lagi kerjasama stakeholder harus dipupuk dan dipelihara demi kemajuan Kepulauan Nias. Hilangkan ego, mari bergandengan tangan untuk Nias yang lebih baik,” harap Eksaudin mengakhiri perbincangan.

Sebelumnya, penandatanganan rute penerbangan Jakarta-Nias PP dilaksanakan di di Garuda Center, Tangerang, Banten, Rabu (14/11/2018) kemarin oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah dengan dengan perwakilan dari Pemda Nias di antaranya Ketua DPRD Nias Yarehi Laoly, Ketua DPRD Nias Selatan Hizikia Harefa, Ketua DPRD Nias Barat Hitema Bulo, Ketua DPRD Gunung Sitoli, Herman Jaya Harefa.

Hadir pula Bupati Nias Sokia Tulo Laoly, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Bupati Nias Utara Ingati Lazala, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, dan Wali Kota Gunung Sitoli Lakomizaro Zebua.  

Adapun penerbangan dari Jakarta menuju Nias dijadwalkan berangkat pukul 07.35 WIB dan akan tiba di Binaka Gunungsitoli (Nias) pada pukul 09.55 WIB.

Untuk sementara, rute sebaliknya dari Binaka Gunungsitoli menuju Jakarta akan transit di Padang sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta. Penerbangan dari Binaka menuju Padang akan diberangkatkan pada pukul 10.50 WIB dan tiba di Padang pada pukul 12.00 WIB, kemudian menuju Jakarta pada pukul 12.50 WIB, dan tiba di Jakarta pukul 15.00 WIB. (jar)

 

 

 

 

 

 

 

News Feed