oleh

Bupati Marah Besar Lihat Peralatan RSUD Intan Jaya Dirusak Orang Tak Dikenal

 

Intan Jaya, Radar Pagi – Bupati Natalis Tabuni, SS, M.Si marah besar melihat peralatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Intan Jaya, Papua, dirusak orang tak dikenal. Bupati baru mengetahui peristiwa perusakan ini pada Jumat (16/11/2018) saat meninjau persiapan peresmian rumah sakit tersebut.

Belum diketahui siapa pelaku perusakan tersebut. Diduga pelaku melakukan aksinya di malam hari saat suasana sekitar sangat sepi. Namun Bupati mengira pelakunya adalah oknum masyarakat Intan Jaya sendiri.

 “Ini tidak mungkin orang dari luar (Intan Jaya) yang merusak dan menghancurkan,” kata Bupati.

Bupati tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya. Selain rumah sakit tersebut sebentar lagi akan diresmikan oleh Gubernur Papua pada 24 November mendatang, harga peralatan yang dihancurkan pun bernilai miliaran rupiah, sehingga harus dianggarkan ulang. Padahal dana tersebut bisa digunakan untuk kepentingan pembangunan lain di Kabupaten Intan Jaya.

Bupati Intan Jaya didampingi Kabag Humas dan Ketua DPRD dll, berbincang dengan Plh RSUD Intan Jaya

“Padahal semua ini untuk melayani masyarakat Intan Jaya sendiri. Kalau ada yang sakit, kalau ada yang melahirkan, tidak perlu lagi keluar Sugapa, seperti ke Nabire,” kata Bupati dengan nada gusar.

Saking marahnya, Bupati pun menyebut perbuatan pelaku perusakan ini melebihi binatang, dan dia tidak akan segan-segan meminta polisi untuk mengusut tuntas kasus ini bilamana peristiwa serupa terulang lagi di masa mendatang.

“Saya memimpin Intan Jaya cuma empat tahun lagi. Sementara peralatan rumah sakit ini bisa bertahan lama untuk digunakan demi kepentingan masyarakat, kenapa harus dihancurkan? Apa dipikir saya akan bawa pulang peralatan ini ke rumah saya seandainya saya sudah tidak menjabat lagi?” katanya.

Sejauh ini, menurut keterangan Plh. RSUD Intan Jaya, aksi perusakan yang dilakukan orang tak bertanggungjawab ini tidak merubah jadwal peresmian oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada 24 November 2018.

“Gubernur Papua dan utusan Kemenkes RI tetap akan melakukan kunjungan kerja dan akan mengunjungi RSUD Intan Jaya di kampung Wandoga, Sugapa, serta meninjau peralatan RSUD yang telah dirusak,” katanya.

Bupati Intan Jaya meninjau pembangunan Kantor Bupati Intan Jaya

Saat berita ini diturunkan, Bupati sudah memerintahkan stafnya untuk memeriksa mana saja peralatan yang masih bisa dipergunakan, dan mana yang harus diperbaiki atau dibeli ulang.

Selain meninjau RSUD Intan Jaya, Bupati Natalis Tabuni bersama rombongan juga melihat pembangunan kantor bupati di Sugapa, Intan Jaya. Terlihat di sana Bupati memerintahkan pekerja untuk membongkar hal-hal terkait bangunan yang tidak sesuai perencanaan.

Selain meninjau RSUD Intan Jaya, Bupati Natalis Tabuni bersama rombongan juga sempat melihat langsung kegiatan perekaman e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Lalu melihat pembangunan kantor bupati di Sugapa, Intan Jaya. Terlihat di sana Bupati memerintahkan pekerja untuk membongkar hal-hal terkait bangunan yang tidak sesuai perencanaan.

Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni meninjau kegiatan perekaman e-KTP

Bupati juga meninjau Kantor OPD yang sedang direhab, seperti Kantor Dinas PU, Keuangan, BKD, rumah kediaman Bupati serta guest house.  Bupati juga meninjau langsung pembangunan Gedung DPRD yang baru, barak-barak OPD dan sebagainya, termasuk meninjau lokasi pembangunan Polres Intan Jaya. Tujuannya untuk memastikan semua pelayanan pemerintahan dan pelayanan umum serta pembangunan di Kabupaten Intan Jaya bisa kembali normal seperti sediakala pada bulan Januari 2019.

“Tujuan peninjauan ini untuk memastikan agar mulai Januari 2019, seluruh pegawai negeri tanpa terkecuali sudah melaksanakan pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan di Intan Jaya secara total, dengan kata lain 100% sudah harus beraktivitas di Intan Jaya,” kata Bupati.

Terlaksananya kembali pemerintahan dan pelayanan umum secara maksimal di Intan Jaya pasca kerusuhan pilkda kemarin, menjadi salah satu janji yang ingin dipenuhi oleh Bupati Natalis Tabuni. Sebelumnya, Bupati sempat mengutarakan janji itu saat memberi sambutan dalam pelantikan Ketua DPRD Intan Jaya di Aula Maranatha Nabire dan kepada BPK serta KPK di Jayapura, beberapa waktu lalu.

“Mari kita mendukung pembangunan di Intan Jaya dengan cara kita masing-masing dalam pelayanan dan pemerintahan,” imbau Bupati.

Turut hadir menemani Bupati, Ketua DPRD Melianus Belau, Komandan Kodim 1705 Paniai, pimpinan OPD terkait, Kabag Humas, Direktur RSUD, dll. (Om Yan)

 

 

 

 

 

 

News Feed