oleh

Bupati Pakpak Bharat Korupsi demi Tolong Istri

-Sumatera-132 views

 

Jakarta, Radar Pagi –  Duit suap Rp 550 juta yang diterima Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu (RYB) diduga dipakai untuk mengamankan kasus istrinya di Medan

“Uang tersebut diduga digunakan untuk keperluan pribadi bupati, termasuk mengamankan kasus yang melibatkan istri bupati yang saat ini ditangani penegak hukum di Medan,” ujar Ketua KPK Agus Raharko, saat konferensi pers, di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2018).

RYB diduga menerima duit suap terkait proyek Pemkab Pakpak Bharat di Dinas PUPR. Dia menerima pemberian suap dari orang dekatnya yang bertugas mengumpulkan dana.

“Saudara RYB diduga menerima Rp 550 juta dari perantara pada 3 kesempatan, tanggal 16 November sebeaar Rp 150 juta, kemudian 17 November Rp 250 juta, kemudian yang tadi malam 5 menit sebelum jam 12 saudara RYB menerima Rp 150 juta,” Agus Rahardjo.

Saat ini, RYB telah ditetapkan sebagai tersangka. KPK juga menetapkan Plt Kadis PUPR Pemkab Pakpak Bharat David Anderson Karosekali (DAK) dan Hendriko Sembiring (HSE) sebagai tersangka kasus yang sama.

Berdasarkan data Laporan Harya Kekayaan Penyelanggara Negera (LHKPN), RYB memiliki harta mencapai Rp 54.477.973.711 atau Rp 54,4 miliar. Dia melaporkan harta kekayaannya pada 23 Maret 2016 sebagai Bupati Petahana Pakpak Bharat‎. (ria)

News Feed