oleh

Benih Pepaya Merah Delima Jadi Kunci Sukses Petani Kebumen

-Ekonomi-110 views

 

Kebumen, Radar Pagi – Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Pujirahayu, mengatakan  saat ini luas pertanaman pepaya di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, hanya tersisa sekitar 100 hektare yang tersebar di wilayah bagian selatan. Namun dengan lahan yang sudah menyusut, produktifitas petani pepaya di Kebumen jangan diragukan. Rahasianya? Penggunaan benih papaya merah delima atau disingkat medel.

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Jawa Tengah sepanjan tahun 2017 kemarin telah memproduksi benih pepaya medel sebanyak 20.950 bibit dan telah didistribusikan kepada kelompok tani di Kabupaten Banyumas 3.000 bibit, Kabupaten Batang 1.500 bibit dan sisanya ditanam di Kabupaten Kebumen. Pada 2018 ini, sebanyak 15 ribu benih papaya medel kembali dibagikan kepada kelompok tani di wilayah Kabupaten Cilacap dan Kebumen.

Kelompok Tani Karangrejo, Desa Petikusan, Kecamatan Mirit, Kebumen merupakan salah satu penerima bantuan benih pepaya medel pada  2017, dan sudah ditanam menjadi 700 pohon di lahan pasir sejak Desember 2017. Pada bulan September 2018 kemarin sudah mulai panen.

“Selama dua bulan panen, sudah diperoleh penghasilan Rp30 juta,” kata Ruslan, salah seorang Kelompok Tani Karangrejo.

Melihat produksi yang tinggi dan harga yang kompetitif dari pepaya medel, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, Pujirahayu, optimis pengembangan pepaya di Kebumen akan bangkit kembali.

“Harapannya agar kelompok tani difasilitasi untuk dapat memproduksi benih secara mandiri serta penguatan kelembagaannya mendukung percepatan pengembangan pepaya yang tidak hanya di wilayah selatan namun juga di wilayah bagian utara Kebumen,” katanya.

Agar petani dapat memproduksi benih pepaya medel secara mandiri, BPTP Balitbangtan Jateng pun menyelenggarakan bimbingan teknis teknologi produksi benih pepaya medel kepada 40 petani dari empat kecamatan di Cilacap dan 30 petani dari tiga kecamatan di Kebumen. 

Petani peserta adalah penerima bantuan benih pepaya medel 2017 dan 2018. Selain pemaparan materi teknologi produksi benih secara detail, juga dilakukan kunjungan lapang. (jar)

 

News Feed