oleh

Pemkab dan DPRD Intan Jaya Gelar Rapat Paripurna Ranperda RPJMD Tahun 2017-2022

 

Intan Jaya, Radar Pagi – Bupati Intan Jaya, Papua, Natalis Tabuni S.S, M.Si memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Intan Jaya yang digelar di Gedung DPRD, Kamis (22/11/2018).

Pada rapat yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Intan Jaya Tahun 2017-2022 itu, Bupati menerangkan bahwa maksud dan tujuan disusunnya Perda, antara lain adalah untuk memberikan arah kebijakan pembangunan selama 5 tahun mendatang.

“Diterbitkannya Perda RPJMD ini juga dimaksudkan sebagai upaya dan komitmen pembangunan daerah berkelanjutan,” kata Bupati.

Dia menjelaskan, penyusunan RPJMD yang ditetapkan dengan Perda bertujuan untuk menciptakan sinergi pembangunan antar jenjang pemerintah dan antar sektor, dengan memerhatikan aspek kewenangan, kelembagaan, dan kemampuan keuangan daerah dan kebutuhan masyarakat.

“Dokumen RPJMD merupakan salah satu instrument strategis untuk mewadahi proses pembangunan karena di dalamnya tersirat permasalahan pembangunan, isu strategis, visi dan misi kepala daerah, tujuan dan sasaran, strategi dan arah kebijakan, program prioritas dan lain-lain,” katanya.

Penandatanganan Ranperda RPJMD oleh Ketua DPRD Kabupaten Intan Jaya Melianus Belau dan Bupati Natalis Tabuni

Selain itu, lanjut Bupati, juga memuat upaya-upaya penanganan lingkungan, pembangunan ekonomi, pemantauan keadaan lingkungan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati berharap ke depannya melalui penyelesaikan dokumen RPJMD ini, kerjasama kemitraan antara eksekutif dengan legislatif dapat terus ditingkatkan.

“Kami persilahkan kepada DPRD untuk mencermati secara seksama substansi yang termuat dalam RPJMD tersebut agar benar-benar menjadi dokumen yang responsif dan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat, bukan kepentingan pribadi ataupun golongan,” katanya.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Intan Jaya Melianus Belau itu, seluruh anggota dewan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Intan Jaya Tahun 2017-2022. (Om Yan)

 

 

News Feed