oleh

Begitu Bebas, Jonru Langsung Pulang ke Rumah

-Nasional-567 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Jon Riah Ukur Ginting atau Jonru Ginting bebas bersyarat hari ini terkait kasus penyebaran ujaran kebencian. Jonru keluar dari lapas Jumat (23/11/2018) tadi sore sekitar jam 15.30 WIB

“Iya. Bebas bersyarat,” kata pengacara Jonru, Djuju Purwantoro, saat dihubungi wartawan.

Djuju menjelaskan kliennya sudah menjalani dua pertiga masa hukuman sejak ditahan pada Oktober 2017.

Setelah bebas, Jonru dikabarkan langsung menuju kediamannya di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Jonru pertama kali dilaporkan ke Polda Metro jaya oleh Muannas Alaidid pada Agustus 2017 karena dinilai kerap memposting konten yang mengandung ujaran kebencian. Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya lalu menetapkan Jonru sebagai tersangka pada Jumat 29 September 2017.

Jonru sempat mengajukan banding. Namun, Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta menolak permohonan banding Jonru. Dia tetap dihukum 18 bulan penjara karena menyebarkan kebencian.

Hari ini pria yang getol mengumpulan sumbangan umat lewat akun facebooknya ini dinilai telah memenuhi syarat untuk mendapatkan pembebasan bersyarat sesuai peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa pembebasan Bersyarat adalah bebasnya Narapidana setelah menjalani sekurang-kurangnya dua pertiga masa pidananya dengan ketentuan dua pertiga tersebut tidak kurang dari 9 (sembilan) bulan. Meski divonis pada Maret 2018, Jonru telah menjalani hukuman kurungan sejak ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya pada September 2017. (ria)

Baca juga: http://radarpagi.com/inilah-tampang-orang-yang-kerap-sebar-isu-jokowi-pki/

News Feed