oleh

Jokowi: Banyak yang Kompori Masyarakat

-Nasional-617 views

 

Palembang, Radar Pagi – Momen Pilpres 2019 dimanfaatkan banyak pihak untuk membuat suasana menjadi ‘panas’. Seharusnya masyarakat dibiarkan menentukan pilihan poltiknya masing-masing tanpa dipanas-panasi.

Demikian dikatakan Presiden Jokowi di depan masyarakat adat Komering Raya Sumsel di Griya Agung, Kota Palembang, Minggu (25/11/2018).

“Biarkan masyarakat menggunakan hati nurani dan pendapat masing-masing serta rasional kita,” ujarnya.

Dia mengatakan masyarakat dipersilahkan memilih pemimpin sesuai hati nurani masing-masing, tetapi jangan sampai ada gesekan sekecil apapun, jangan sampai ada konflik.

Berbagai kegaduhan yang terjadi belakangan ini, menurut Jokowi, dikarenakan masyarakat ada yang mengompori.

“Ini karena dipanas-panasi, banyak yang kompori masyarakat, jadi panas semuanya,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan keberagaman Indonesia yang memiliki sekitar 714 suku dan 1.100 bahasa daerah. Dia menegaskan, perbedaan dan keberagaman itu adalah anugerah dari Allah SWT kepada Indonesia.

“Inilah anugerah Allah yang diberikan kepada kita, bangsa Indonesia, yang harus kita syukuri. Sudah menjadi sunnatullah, sudah menjadi garis, bahwa kita ini bermacam-macam, berbeda-beda, dan berwarna-warni,” katanya.

Jokowi dan Iriana Dianugerahi Gelar Adat

Sebelumnya di tempat yang sama, Jokowi dan Ibu Negara Iriana diberi gelar adat oleh Majelis Adat Komering Raya Sumatera Selatan (Sumsel). Jokowi dianugerahi gelar ‘Rajo Balaq Mangku Nagara’, sementara Iriana diberi gelar ‘Ratu Indoman’.

Pemangku Adat Majelis Tinggi Komering Sumsel, Haji Romli Mustika Ratu, menjelaskan gelar ‘Rajo Balaq Mangku Nagara’ berarti Raja Agung yang memegang kekuasaan tertinggi negara. Sementara ‘Ratu Indoman’ artinya Ibunda yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengayom rakyat yang tak lepas dari sopan santun.

Seusai prosesi, Jokowi dan Iriana diberi piagam penganugerahan gelar adat tersebut. Tak hanya itu, Jokowi dan Iriana juga diberi kamus bahasa adat Komering.

Rencananya, Jokowi menjalani sejumlah agenda di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan diawali pagi hari dengan pemberian Gelar Adat Komering Provinsi Sumatera Selatan.

Siang ini, Jokowi menuju Palembang Sport and Convention Center, Kota Palembang, untuk menghadiri acara Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019.

Sore harinya, Jokowi dijadwalkan menuju ke Taman Wisata Alam Punti Kayu, Alang Alang Lebar, Kota Palembang. Rencananya, di tempat ini dia akan menyerahkan Surat Keputusan Perhutanan Sosial.

“Usai acara tersebut, Preiden Jokowi dan rombongan akan menuju Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang untuk kembali ke Ibu Kota menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin. (gun)

News Feed