oleh

Jokowi Minta Menteri PUPR Beli Karet Langsung dari Petani

-Ekonomi-223 views

 

Palembang, Radar Pagi – Presiden  Jokowi  memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk membeli karet dari rakyat, yang sekarang harganya jatuh hingga ke angka Rp6.000/kg.

“Saya sudah sampaikan bahwa Kementerian PUPR mulai awal Desember ini akan membeli (karet) langsung dari koperasi atau dari petani,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan surat keputusan hutan sosial, di Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, Sumatra Selatan, Minggu (25/11/2018).

Mengenai harga yang dibeli pemerintah, Jokowi sedikit memberi bocoran, harganya kurang lebih Rp7.500-Rp8.000.

Nantinya, karet yang dibeli oleh Kemen PUPR itu akan digunakan untuk bahan pengaspalan jalan.

Menurut Jokowi, harga karet terpuruk karena berasal dari perdagangan internasional, bukan perdagangan Indonesia.

Jokowi menjelaskan, komoditas karet merupakan komoditas internasional yang harganya tidak bisa dipengaruhi dengan cara-cara kebijakan pemerintah suatu negara.

Dia menegaskan, pemerintah sudah berusaha keras menyelesaikan persoalan terpuruknya harga karet ini dengan mengirim tim ke Uni Eropa Tiongkok, dan India.

“Pembeli (karet) terbesar kita itu Uni Eropa, yang kedua India, yang ketiga China Tiongkok. (Negara) Yang lainnya belinya kecil-kecil saja. Inilah problem yang ingin saya sampaikan apa adanya,” ujar Jokowi. (gun)

Baca juga: http://radarpagi.com/pemerintah-kerja-keras-dongkrak-harga-sawit-di-pasar-dunia/

 

News Feed