oleh

Pertamina Kucurkan Kredit untuk Petani Tebu Binaan PTPN X

-Ekonomi-654 views

 

Kediri, Radar Pagi – PT Pertamina (Persero) mengucurkan kredit sebesar Rp50 miliar pada 2018-2019 untuk para petani tebu di wilayah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang tersebar di Sidoarjo, Mojokerto, Jombang Nganjuk – Kediri dan Tulungagung.

“Dana dari kami dan ini sudah sesuai dengan peraturan di kementerian, sehingga kami laksanakan,” kata Senior Analisis SMEPP Planning PT Pertamina (Persero) Andijanto Setyawan di Kediri, Jawa Timur, Selasa (27/11/2018).

Andijanto menjelaskan, semula rencana kredit yang akan dikucurkan senilai Rp100 miliar namun baru Rp50 miliar yang bisa dipastikan. Menurutnya, Pertamina tidak mengetahui berapa jumlah petani yang mendapatkan kucuran kredit tersebut, sebab semua ditangani oleh PTPN X.

Namun dia memastikan beban bunga hanya 3 persen per tahun, jauh lebih kecil dibandingkan  bunga kredit usaha rakyat (KUR) yang 7 persen per tahun.

“Ini sinergi yang baik antara BUMN dengan PTPN X, kami memberikan dana mereka (PTPN X) yang mencari dan survei,” kata dia.

Selain mengucurkan kredit untuk petani tebu,  PTPN X bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) juga menggelar pelatihan yang diikuti 75 orang petani tebu muda. Pelatihan berlangsung di Hotel Grand Surya, Senin-Selasa (26-27/11/2018). 
 
Acara dibuka oleh Sekretaris Perusahaan & PKBL PTPN X Ir. Soekamto Partowidjojo, Kepala Bidang Sekper dan PKBL PTPN X Dwi Satriyo Arururogo, dan Senior Analisis SMEPP Planning PT Pertamina (Persero) Andijanto Setyawan.    

 “Pelatihan ini merupakan salah satu wujud sinergi BUMN antara PTPN X dengan PT Pertamina (Persero), dimana kami sangat fokus untuk meningkatkan pengetahuan mengenai budidaya tebu khususnya kepada petani-petani muda,” ujar Soekamto dalam sambutannya.

Dalam pelatihan itu, petani tebu diberikan ilmu seputar budidaya tebu, mulai dari
peluang dan potensi bisnis tebu, mekanisasi Tebang Muat Angkut (TMA), hingga
penerapan core sampler dan e-Farming guna peningkatan produktivitas tebu. 

Para peserta juga diajak melihat secara langsung peragaan mekanisasi cnze
planter, peragaan fertiliser aplikator, dan peragaan olah tanam dalam dengan
subsiler di lahan HGU Jengkof Kediri. (gunawan)

News Feed