oleh

Jokowi Minta Masyarakat Tidak Pesimis dengan Lesunya Ekonomi Global

-Ekonomi-81 views

 

Solo, Radar Pagi – Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk tidak pesimis dengan pergerakan ekonomi global yang tidak menentu.

“Sebagai pengusaha kita tidak boleh gentar, kita harus tetap optimistis. Jangan lupa di setiap kesempitan pasti selalu ada kesempatan. Di setiap kesulitan pasti selalu ada peluang,” ujar Jokowi di hadapan peserta Rapimnas 2018 Kadin Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/11/2018). 

Dalam suasana perang dagang seperti ini, kata Jokowi, masih terbuka peluang besar. Menurutnya, Ketua Kadin dan Hipmi menyampaikan banyak investor berminat mengalihkan pabrik-pabriknya ke ASEAN, termasuk Indonesia.

“Inilah peluang karena mereka tahu kalau tarif masuk ke pasar Amerika dinaikkan, mau tidak mau mereka menggeser ke negara lain,” katanya. 

Menurut Jokowi, problem besar ekonomi Indonesia sekarang ini adalah defisit neraca perdagangan. Artinya, impor masih lebih besar ketimbang ekspor. Hal itu, kata Jokowi, bisa diatasi dengan meningkatkan ekspor, namun terlebih dulu harus memperkuat sektor industri.

“Bisa diatasi kalau kita melakukan industrialisasi, inilah sebuah potensi, baik potensi untuk memperkuat industri maupun potensi untuk meningkatkan ekspor kita,” katanya. (gun)

 

 

 

News Feed