oleh

Empat Kabupaten di Jawa Barat Ini Rawan Bencana di Musim Penghujan

-Jawa-489 views

 

Bandung, Radar Pagi – 60 persen bencana hidrologis Indonesia itu adanya di Jawa Barat, karena itu Gubernur Ridwan Kamil mengimbau warga untuk waspada menghadapi ancaman bencana terutama akibat hujan deras.

Menurut Emil, Tim BPBD Provinsi Jawa Barat juga sekarang Siaga I pasca musibah longsor di Gentong Kabupaten Garut dan Naringgul Kabupaten Cianjur.

“Mudah-mudahan quick response dari pemerintah kombinasi dengan kewaspadaan dari masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi masa ini,” ujar Emil di Bandung, beberapa saat lalu.

Saat ini kawasan yang rawan mengalami bencana adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Untuk Cianjur, musibah longsor baru-baru ini terjadi di tebing ruas Naringgul-Cidaun di Km.Bdg. 232+800.

Longsor menutup badan jalan sepanjang +/-50meter dengan ketinggian 1-1,5meter sehingga arus lalulintas sempat terputus dan tidak bisa dilewati. Ada juga jembatan yang terputus oleh banjir bandang di Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Dinas Sosial telah mengirimkan bantuan berupa makanan, peralatan evakuasi, sandang dan peralatan keluarga pada daerah yang terkena bencana.

Khusus banjir Bandung Raya, Emil berencana akan memulai sebuah proses sinkronisasi program yang berbarengan pembentukan unit kerja pemerintahan Bandung Raya sesuai Perpres mengenai cekungan Bandung.

“Jadi jangan sampai Cimahi bikin anggaran sendiri, Pemkot Bandung bikin anggaran sendiri tapi teu nyambung. Itulah yang akan kita sinkronisasikan,” paparnya. (heri)

Baca juga: http://radarpagi.com/pelebaran-jalur-puncak-telan-apbn-rp73-miliar/

News Feed