oleh

Jonan: Masalah 51% Saham Freeport Tinggal Urusan Lingkungan Hidup

-Ekonomi-621 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan masalah divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia saat ini tinggal urusan mengenai lingkungan hidup.

“Dan terkait hal itu sudah ada penjelasan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya,” kata Jonan kepada wartawan, beberapa saat lalu.

Sementara urusan di Kementerian Keuangan, menurut Jonan, kemungkinan tidak ada masalah. Hanya ada beberapa penyesuaian terkait administrasi. Sedangkan di Kementerian ESDM juga ada penyesuaian administrasi itu, setelah itu selesai.

“Tinggal secara korporasi Inalum harus menyelesaikan proses akuisisinya itu yang paling besar memang pembayaran dan izin-izin,” ujarnya.

Kalau semua itu selesai, kata Jonan, Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) akan segera terbit, sehingga final. 

Jonan berjanji akan menyelesaikan proses divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia secepat-cepatnya sebagaimana harapan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

“Kita coba selesaikan secepat-cepatnya,” kata Jonan.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas yang digelar Kamis (29/11/2018) kemarin, Jokowi meminta agar semua tahapan proses Divestasi itu bisa diselesaikan, dan sudah final. Dharapkan sebelum akhir tahun 2018 ini, semuanya rampung.

Dengan kembalinya mayoritas kepemilikan sumber daya alam yang sangat strategis ke pangkuan ibu pertiwi, Jokowi berharap keuntungannya dapat dipakai untuk kesejahteraan rakyat.

“Akan kita gunakan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, utamanya rakyat Papua,” kata Jokowi. (Om Yan)

 

 

 

News Feed