oleh

Menanti Tersambungnya Ruas Tol Jakarta – Surabaya

-Ekonomi-411 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Setelah Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya jalan tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 km, yang merupakan bagian dari jalan tol Solo-Ngawi, di Rest Area 538B, Sragen, Jawa Tengah, pada Rabu (28/11/2018) silam, masyarakat yang sering bepergian Jakarta-Surabaya pun berharap gembira.

Pasalnya, dengan diresmikannya jalan tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi itu, berarti sebentar lagi jalan tol dari Jakarta sampai Surabaya akan tersambung.

“Akhir tahun ini insyaallah sudah tersambung semuanya,” ujar Jokowi saat peresmian.

Bukan cuma warga yang sering bepergian Jakarta-Surabaya saja yang senang, tetapi masyarakat di daerah lain pun merasakan hal serupa, karena sebentar lagi beberapa ruas tol lain juga akan tersambung.

“Yang kurang, tinggal dari Pemalang ke Batang, Batang ke Semarang, Salatiga ke Solo, kemudian Wilangan ke Kertosono,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, sesuai penjelasan Menteri BUMN, semua ruas tol itu selesai pertengahan Desember atau akhir Desember 2018.  

Dia berharap dengan selesainya jalan tol itu, para kepala daerah yang daerahnya dilintasi mengintegrasikannya dengan kawasan wisata agar pemanfaatannya lebih optimal, dan menjadikan jalan tol itu lebih ramai.

“Saya senang pagi ini saya lihat ada soto kuali, lontong opor, soto Madura, roti ganep dan lainya. Kita ingin rest area ini dipenuhi oleh produk lokal, jangan sampai dipenuhi brand asing, dan lokal hanya jadi penonton,” kata Jokowi.

Ruas tol Sragen-Ngawi merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi, sekaligus menjadi bagian dari Tol Trans Jawa. Tol ini memiliki 8 (delapan) gerbang, yaitu: Colomadu, Bandara, Ngemplak, Purwodadi, Karanganyar, Sragen, Sragen Timur, dan Ngawi. (jar)

Baca juga: http://radarpagi.com/bendungan-sadawarna-mampu-penuhi-kebutuhan-air-4-500-hektar-sawah/

News Feed