oleh

Total Sudah 21 Km Trotoar Ramah Disabilitas Dibangun di Jakarta Barat

-Jabodetabek-210 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Setelah memakan waktu pembangunan sekitar 3 tahun, akhirnya Jakarta Barat memiliki trotoar ramah disabilitas dengan total panjang sekitar 21 Km.

Pada tahun 2019 mendatang, Pemkot Jakarta Barat akan menambah trotoar ramah disabilitas sejauh 7 Km lagi dengan anggaran sekitar Rp 32 miliar

“Anggaran kita tahun depan Rp 32 miliar untuk trotoar dan bangunan pelengkap juga,” ujar Kasie Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Sudis Bina Marga Jakbar, Untung Pitoyo, beberapa saat lalu.

Sejumlah jalan yang memiliki trotoar ramah disabilitas itu adalah Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya, Jalan Lapangan Bola, dan Jalan kedoya Raya.

Untung Pitoyo menjelaskan pembangunan trotoar yang ramah disabilitas dilakukan secara bertahap sejak 2016.

Untuk pemasangan guiding block atau jalur pemandu penyandang disabilitas, misalnya, selesai dikerjakan sepanjang 7-8 km dalam setahun.

“Tahun 2018 ini masih berjalan (pengerjaannya), tapi kalau dilihat dari rekapnya 7 km x 3 tahun, sudah sekitar 21 km lebih trotoar yang ramah disabilitas,” ujar Untung Pitoyo.

Dia berharap keberadaan fasilitas untuk kaum disabilitas ini nantinya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penyandang disabilitas, dan bukan untuk tempat berdagang, lintasan kendaran motor dan lainnya. (why/aji/jar) 

 

News Feed