oleh

Warga 4 Desa di Probolinggo Butuh Pertolongan, Banjir Bandang Terjang Jember

-Jawa-136 views

 

Probolinggo, Radar Pagi – Warga empat desa di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, yang menjadi korban banjir Senin (10/12/2018) silam, khawatir banjir susulan akan menerjang desa mereka, sebab hingga Rabu (12/12/2018) hujan masih kerap turun di wilayah tersebut.

Empat desa di Kecamatan Tiris yang dilanda banjir adalah Desa Kedaton, Lawang Kedaton, Andung Sari dan Andung Biru. Puluhan rumah, jembatan dan beberapa fasitas umum di sana rusak akibat terjangan banjir. Dia warga juga dilaporkan terjebak longsoran lalu hanyut tersapu banjir. Keduanya sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Saat kejadian, ketinggian air mencapai 1 meter dan arusnya sangat deras. Sebagian besar warga kini bertahan hidup di tenda pengungsian.

“Bingung rasanya, rumah saya sebagian sudah hancur dan barang-barang di dalamnya hilang semua terbawa banjir,” keluh Purwoko, seorang warga.

Warga berharap bantuan pemerintah daerah atau pusat untuk membangun kembali kehidupan mereka.

“Tolong pemerintah memperhatikan nasib kami, bagaimana caranya supaya kami bisa kembali ke rumah,” tutur Eko, warga yang lain.

Banjir Bandang Terjang Desa Jambesari

Sementara itu, banjir bandang menerjang Dusun Krajan RT/RW 02, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (11/12/2018) kemarin.

Banjir terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada Senin (10/12) pukul 14.00 WIB sampai Selasa pukul 03.00 WIB. Banjir mulai melanda permukiman warga pada Selasa malam harinya, sekitar pukul 22.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini karena ketinggian banjir hanya 30-50 cm. Namun akses jalan menuju Dusun Krajan terputus dan puluhan hektar sawah rusak hingga memukul perekonomian warga.

Saat berita ini diturunkan, Tim Reaksi Cepat BPBD Jember sudah berada di lokasi dan berkoodinasi dengan instansi terkait, sekaligus mendistribusikan bantuan berupa bahan pokok,selimut, terpal, dan tikar. (zal)
   

News Feed