oleh

Waspada! Belasan Sungai di Jawa Timur Terancam Meluap

-Jawa-208 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Belasan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jawa Timur terancam meluap dan banjir saat musim hujan  karena volume air yang ditampung kelewat besar, sehingga elevasinya melebih tanggul sungai. 

“Potensi banjir itu ada sekitar empat belasan aliran sungai,” ujar Kepala Dinas Pengairan Jatim, Muhammad Abduh Mattalitti, beberapa saat lalu, dikutip dari rmol.

Dia mengatakan, belasan sungai yang masuk dalam kondisi rawan antara lain Sungai Sadar di Kabupaten Pasuruan, Sungai Bogel di Kabupaten Blitar, Sungai Dawir di Tulungagung, Sungai Gunting di Kabupaten Jombang, Sungai Buntung Sidoarjo dan Sungai Kedunglarangan Pasuruan.

“Kalau di Pasuruan selain Kedunglarangan, juga ada Sungai Rejoso, Sungai Gembong dan Sungai Petung. Kemudian Sungai Pekalen di Situbondo, Kali Lamong dan Sungai Wincong,” katanya.

Dia mengatakan, banyak faktor yang menjadi penyebab adanya luapan di belasan sungai Jatim. Di antaranya adalah pendangkalan dan penggundulan hutan di wilayah puncak.

“Sehingga ketika terjadi hujan langsung kebawah dan tidak ada yang menampung. Akhirnya jadi meluap,” tambahnya.

Dijelaskannya, selain melakukan pengerukan sungai, langkah Pemprov Jatim untuk menangani banjir adalah menambah pintu air di plangwood sedayu lawas. Sehingga, air yang lewat melalui bengawan Solo bisa langsung dibuang ke laut.

“Sedayu Lawas dari tiga pintu menjadi lima pintu salah satu mengurangi banjir. Itu saat ini sudah mulai lelang. Dananya Rp625 miliar. Tahun ini bertahap. Dan baru Rp10 miliar tahun ini dan 2019 Rp 50 miliar. Setelah itu baru multiyears, kontrak bertahap,” katanya.

Abduh menegaskan, pihaknya juga akan menangani kali Welang agar tidak terjadi kemacetan di jalur pantura Jatim.

“Sekarang kita berkeinginan menangani kali Welang yang membuat macet lalu-lintas Surabaya-Banyuwangi macet karena di tengah kota,” pungkasnya. (jar)

 

 

News Feed