oleh

Bantuan 30 Ribu Bibit Jeruk Ditanam di Kabupaten Batang

-Ekonomi-74 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balitjestro Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) beberapa waktu lalu menyalurkan 30 ribu bibit gratis jeruk untuk dikembangkan di Kabupaten Batang. Saat ini, puluhan ribu benih tersebut telah ditanam dan menunjukkan pertumbuhan yang baik.

“Benih jeruk tersebut telah ditanam di beberapa wilayah dengan luas sekitar 70 hektar,” ujar Kasubbid Lingkungan Hidup dan Pertanian, Kabupaten Batang, Isnen Ambar Santoso, beberapa saat lalu.

Sementara Susi Wuryantini,  SP MP selaku penanggung jawab pendampinga kepada petani mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dalam mengembangkan agribisnis jeruk di Kabupaten Batang.

“Kegiatan pendampingan difokuskan pada pemeliharaan awal pasca penanaman,” katanya.

Selama pendampingan, petani diajarkan pemangkasan bentuk, pengendalian hama dan penyakit serta pemupukan dengan didampingi teknisi Balitjestro. 

“Tujuannya agar tanaman sehat pertumbuhannya bagus dan ideal,” kata Susi. 

Lokasi pendampingan kali ini berada di Kecamatan Reban,  Pecalungan dan Warungasem yang memiliki ketinggian yang berbeda. Varietas yang ditanam bervariatif sesuai dengan kondisi agroklimatnya.  

“Beberapa jenis jeruk yang ditanam antara lain Keprok RGL, Siam Pontianak,  Keprok Terigas, dan beberapa jenis yang lain,” jelasnya. (jar)

 

News Feed