oleh

Menteri Susi Blokir 100% Kapal Asing

-Ekonomi-82 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melarang penanaman modal asing yang mendukung sektor perikanan tangkap, setelah masa moratorium atau pemberhentian sementara izin kapal eks asing telah berakhir. Dengan begitu, kapal asing dan eks asing tidak boleh lagi melakukan kegiatan penangkapan ikan di lautan Indonesia.

“Saat ini tidak ada lagi kebijakan moratorium kapal eks-asing,” Kata Menteri KKP Susi Pudjiastuti di Jakarta, beberapa saat lalu.

Susi mengatakan saat ini langkah pelarangan kapal eks asing beroperasi lantaran telah dibuktikan adanya pengaruh yang sangat buruk bagi keberlanjutan perikanan Indonesia. Moratorium diberlakukan untuk kapal eks asing karena sumber daya perikanan Indonesia tengah berada dalam ‘tekanan’.

Moratorium izin kapal eks-asing berlaku mulai 3 November 2014 hingga 30 April 2015. Kemudian Susi memperpanjang kembali izin tersebut selama enam bulan sampai 31 Oktober 2015. Dengan begitu, maka aturan moratorium izin kapal eks-asing sudah lama tidak berlaku.

“Yang berlaku saat ini adalah pelarangan pengoperasian kapal ex-asing yang mendukung larangan penggunaan modal asing sepenuhnya di bidang penangkapan ikan,” tegas dia.

Saat ini, berdasarkan data KKP, masih ada 1.132 kapal yang menjadi objek analisis dan evaluasi KKP karena pembangunannya di luar negeri, namun memiliki izin serta masih aktif seperti SIPI dan SIKPI.

Dari 1.132 kapal tersebut, 1.089 di antaranya adalah kapal penangkap ikan dan pengangkut ikan berbendera Indonesia,. Sementara 43 lainnya adalah kapal pengangkut ikan berbendera asing. 

Total keseluruhan kapal eks asing yang ada di Indonesia adalah 1.647 kapal. Terdapat 515 kapal eks asing yang izinnya sudah tidak aktif sebelum 3 November 2014 sehingga tidak dijadikan sebagai objek analisis dan evaluasi.

News Feed