oleh

Mendagri: e-KTP Rusak Dimusnahkan Paling Lambat Kamis Pekan Ini

-Nasional-96 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menargetkan semua kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang rusak dan tidak sah dimusnahkan pada pekan ini, paling lambat Kamis 20 Desember 2018. 

“Yang di gudang pusat maupun di gudang daerah dibakar semua. Setiap hari kalau masih ada satu KTP-el yang tidak berlaku, harus segera dimusnahkan,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (17/12/2018).

Tjahjo menyampaikan, sejak 13 Desember 2018 pihaknya sudah menginstruksikan seluruh jajaran hingga tingkat kota dan kabupaten untuk membakar semua KTP-el rusak dan tidak sah pada satu minggu ke depan.

Dia menjelaskan, sejak enam bulan lalu dia sudah menginstruksikan e-KTP yang kadaluwarsa dan invalid atau salah ketik harus segera dipotong. Tapi dalam perkembangannya belum semua daerah memotong.

Kelalaian tersebut, kataTjahjo, kemudian dimanfaatkan sejumlah pihak untuk berlaku curang.

“Itu oknum yang sengaja tidak bertanggung jawab. Enggak mungkin tercecer sendiri, pasti ada aktivitas dari oknum yang sengaja,” katanya.

Untuk mencegah kejadian serupa terus berulang, kali ini semua e-KTP yang seharusnya sudah dipotong itu akan dimusnahkan dengan cara dibakar. Dan bila di kemudian hari kasus serupa terjadi lagi, maka pelakunya akan diusut dan dibawa ke meja hijau.

“Dengan dibakarnya semua ini, kalau masih ada e-KTP tercecer akan kami usut, dan ada sanksi pidananya,” kata Tjahjo. (jar)

News Feed