oleh

Ini Cara Ma’ruf Amin Hadapi Haters

-Utama-753 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma’ruf Amin punya kiat tersendiri dalam menghadapi haters.  Menurutnya orang-orang seperti Firaun harus disikapi dengan santun. Begitu pula dengan haters.

“Di Alquran ada cerita tentang Nabi Harun dan Nabi Musa. Oleh Allah, (kedua nabi) disuruh nasihati Firaun. Firaun itu kan durjana sekali. Tapi perintah Allah, ‘Katakan pada Firaun itu, wahai Musa dan Harun, dengan ucapan yang santun,” kata Ma’ruf Amin saat menerima Relawan Milenial Jokowi Ma’ruf Amin (Remaja) di kediamannya, Jalan Situbondo Nomor 12, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, (18/12/2018).

“Apalagi cuma haters? Karena itu kita menanggapinya dengan senyum saja,” sambung Ma’ruf.

Ma’ruf menyebut saat ini ada ulama Al-Makiyun. Disebut ulama Al-Makiyun karena ahli memaki. “Memang ada ulama sekarang namanya Al-Makiyun, bukan ahli Mekah, ahli maki-maki gitu kan. Sampai mimbar Jum’at itu dijadikan tempat untuk memaki-maki. Itu sudah menyimpang dari tugas keulamaan,” katanya.

Menurut Ma’ruf, ulama itu berperan mengajak orang ke jalan Allah. Dia meminta ulama tak memaki-maki saat berceramah.

“‘Ajaklah oleh kamu ke jalan Tuhanmu dengan hikmah, dengan bijaksana’. Dan nasihati yang baik. Jangan dengan memaki-maki. Andai saja harus berdebat, berdebatlah dengan cara yang terbaik-baik. Berdebatlah dengan cara yang baik juga. Boleh berdebat tapi berdebat dengan cara yang baik, bukan yang ‘metengteng-metengteng’ gitu, apa metengteng itu? Ya ngotot. Berbeda dengan argumentasi-argumentasi kuat,” tutur Ma’ruf.

Dia punya cita-cita andai terpilih menjadi wapres. Andai menang, dia ingin mengkarantina sekaligus mencuci otak para ahli memaki-maki tersebut.

Ma’ruf menegaskan dirinya ingin menang Pilpres 2019. Namun yang terpenting adalah membuat langkah-langkah untuk  menjaga negara supaya tetap utuh dan umatnya tetap bersatu. (dtc/jar)

 

 

 

 

News Feed