oleh

Jangan Salah! Sebutan Habib Bukan Berarti Keturunan Nabi

-Utama-93 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Mantan Ketua MK Mahfud Md mengatakan tidak semua orang yang dipanggil habib merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Menurut Mahfud, banyak orang yang tak paham dengan arti ‘habib’.

“Habib itu sebutan hormat dan sayang kepada seseorang. Misal kepada Rektor, Menteri, Dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil Habib keturunan Nabi. Keturunan Nabi sebutannya ada 2: 1) Syarif/Syarifah (jalur Hasan); 2) Sayyid/Sayyidah (jalur Husein),” cuit Mahfud dalam akun Twitter resminya, @mohmahfudmd, Kamis (20/12/2018).

Mahfud menyebut selama ini banyak orang sok tahu terkait arti kata ‘habib’. Mahfud pun mencontohkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin yang juga biasa dipanggil dengan sebutan habib.

“Bendahara Partai Demokrat itu dulu dipanggil Habib oleh orang-orang Pasuruan. Sekali lagi, yang dipanggil Habib itu belum tentu keturunan Nabi,” tulis Mahfud.

Menurut Mahfud, arti kata ‘habib’ sesungguhnya adalah ‘tuan’ atau ‘yang terhormat’, seperti Habib Hamid berarti Tuan Hamid. Sayangnya, orang-orang yang sok tahu tentang arti kata ini malah menyalahkan orang-orang yang memahami arti kata tersebut.

“Banyak yang sok tahu saja tentang arti Habib, lalu menyalahkan orang yang tahu,” katanya. (jar)

Baca juga: http://radarpagi.com/2018/12/21/mahfud-md-sebut-di-zaman-gus-dur-pemerintah-bersih-dari-korupsi/

News Feed