oleh

Menhub: Puncak Arus Mudik 22 Desember, Puncak Arus Balik 1 dan 2 Januari

-Ekonomi-302 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Puncak arus mudik akan terjadi pada 22 Desember 2018. Sementara puncak baliknya akan terjadi tanggal 1 dan 2 Januari 2019. 

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

“Tadi saya sudah cek di beberapa tempat khususnya di kereta api ada lonjakan kira-kira 20 persen dari hari ini. Contohnya di Stasiun Senen hari-hari biasa itu 14.000 (calon penumpang), hari ini (Jumat) 24.000, besok (Sabtu) itu itu 28.000. Jadi ada satu kenaikan dan ini sama, karena hari kan masih berkantor,” ujar Menhub.

Untuk transportasi udara, Menhub Budi K. Sumadi mengaku telah memastikan keamanannya dengan melakukan ramp check. Ia menyebutkan, akan melakukan ramp check 70 persen dari pesawat yang ada, sekarang sudah hampir 40 persen, dan insyaallah dalam 1-2 hari ini akan selesai semua.

“Kita juga melakukan pengaturan slot yang ditambah, serta melakukan perpanjangan waktu operasional untuk bandara-bandara kecil,” ujar Menhub.

Terkait harga tiket yang terlalu tinggi, Menhub berjanji akan memberi surat kepada semua maskapai penerbangan agar kenaikan harganya tidak terlalu tinggi.

Namun Menhub mengemukakan, tarif yang diberlakukan oleh airlines sekarang ini sebenarnya belum melampui batas atas. Tetapi karena selama ini mereka itu perang tarif harganya itu murah sekali, Jakarta-Semarang Jakarta-Jogja misalnya dijual Rp400.000-Rp500.000, padahal mereka itu harga pokoknya Rp800.000-Rp900.000.

“Sekarang ini mereka memberlakukan di tempat-tempat itu kira-kira Rp1.300.000-Rp1.400.000 jadi averagesecara setahun mereka rata-rata gitu, nah di Papua karena jaraknya jauh jadi mereka terasa jumlahnya tinggi. Walaupun mereka belum melampui batas atas kami akan panggil mereka dan minta untuk kenaikan jangan terlalu tinggi,” kata Menhub.

Untuk transportasi laut, menurut Menhub, pemerintah akan memperhatikan tempat-tempat destinasi wisata, seperti Pulau Seribu terutama di Pelabuhan Kali Adem, Karimun, Danau Toba, dan lain-lain.

Tetapi secara khusus di Indonesia bagian timur, di NTT, di Papua, di Ambon, dan di Manado, di mana masyarakatnya banyak yang merayakan Natal, biasanya jumlah penumpangnya lebih banyak. Karena itu secara khusus saya minta Dirjen Perhubungan Laut untuk berada di Indonesia Timur, begitu juga saya akan berkunjung ke beberapa titik di sana.

Untuk kereta api, Menhub menyarankan bagi penumpang cukup membelinya tiket secara online, tidak perlu datang ke tempat-tempat (stasiun) tersebut. (jar)

Baca juga: http://radarpagi.com/2018/12/21/semua-pekerjaan-konstruksi-di-tol-japek-dihentikan-24-desember-2-januari/

 

News Feed