oleh

20 Tewas dalam Tsunami Banten dan Lamsel, Jumlah Korban Diperkirakan Terus Bertambah

-Jawa-329 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan informasi terkini dampak tsunami yang terjadi akibat erupsi Gunung Krakatau di Banten.

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sejauh ini, ada tiga wilayah yang terkena dampak tsunami, yaitu Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan (Lamsel). Korban jiwa dan bangunan rusak berasal dari tiga wilayah tersebut.

Berikut update data dampak tsunami Anyer berdasarkan rilis dari BNPB per pukul 04.30 WIB, Minggu (23/12/2018):

Pandeglang

Daerah terdampak: Kecamatan Carita, Panimbang dan Sumur (Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita) 
Korban: 14 Orang meninggal dunia, 150 orang luka-luka
Kerusakan: 43 Rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat dan puluhan kendaraan rusak. 

Serang

Daerah terdampak: Cinangka
Korban: 3 Orang meninggal dunia, 4 orang luka, 2 orang hilang
Kerusakan: Belum ada laporan

Lampung Selatan

Daerah terdampak: Belum dijelaskan detail
Korban: 3 Orang meninggal dunia, 11 orang luka
Kerusakan: Belum ada laporan.

Ombak besar terjadi bersamaan dengan bulan purnama. Karena itu, sejumlah lembaga seperti BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) semula memastikan ombak besar itu sebagai gelombang pasang dan bukan tsunami.

Namun akhirnya dipastikan gelombang pasang itu sebagai tsunami. BMKG bersama Badan Geologi menduga tsunami dipicu longsoran akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

”Setelah kami analisis gelombang itu merupakan tsunami. Polanya sangat mirip dengan tsunami yang terjadi di Palu,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di kantor BMKG, Minggu (23/12/2018).

Saat kejadian, Sabtu malam sekitar pukul 21.27 WIB kemarin, tsunami itu membuat wisatawan yang sedang bersantai menikmati akhir pekan berhamburan. Mereka panik dan segera mencari lokasi aman. Sejumlah mobil terlempar dari area parkir vila atau tempat penginapan. Peristiwa yang sama juga terjadi di kawasan Pantai Lampung.

Sejumlah bangunan seperti rumah, toko, dan kios di sepanjang Pantai Anyer rusak diterjang ombak besar. Puing-puing bangunan berserakan di Jalan Raya Anyer, menjadikan pengendara harus hati-hati saat melintas.

Di Anyer dan Lampung, warga berbondong-bondong menuju tempat tinggi untuk menyelamatkan diri. (zal) 

News Feed