oleh

Cara Berwudhunya Dianggap Salah, Ini Respon Sandiaga

-Utama-94 views

 

Surabaya, Radar Pagi – Video yang beredar di dunia maya berisi rekaman calon wakil presiden RI nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno berwudhu dengan cara mencelupkan tangannya berulang kali ke dalam gayung menuai polemik. Ada yang membenarkan, namun kebanyakan menyalahkan cara berwudhu tersebut. Sandiaga pun merespon santai.

“Alhamdulillah itu menjadi diskursus, ada yang membenarkan itu memang cara yang benar, ada yang bilang itu harus diperbaiki. Bagi saya manusia penuh dengan kesalahan dan saya perlu belajar,” kata Sandiaga dalam kunjungannya ke Surabaya, Selasa (1/1/2018).

Salah satu yang mengomentari cara wudhu tersebut adalah Mahfud MD. Lewat akun twitternya, Mahfud menjelaskan seharusnya air di gayung tersebut dituangkan ke tangan, bukan tangan yang dicelupkan ke gayung. Sebab air di dalam gayung menjadi mustakmal ketika tangan dicelupkan berkali-kali.

“Kalau air mustakmal tak boleh dipakai wudhu. Seharusnya air di gayung dituang ke tangan, bukan tangan yang dicelupkan ke gayung. Eh, tapi air mustakmal itu tidak najis ya, hanya tak bisa mensucikan. Kalau mau diminum, apalagi dicampur sirup dan es, itu halal. Halal dan menyegarkan seperti Yaqult,” ujar Mahfud. (ria)

News Feed