oleh

PSI Sebut Kinerja Anggota DPR RI Periode 2014-2019 Terburuk

-Nasional-114 views

 

Jakarta, Radar Pagi –  Kinerja anggota DPR RI Periode 2014-2019 dinilai sebagai yang terburuk. Salah satu alasannya, mereka masih sering bolos dalam rapat-rapat yang wajib untuk dihadiri.

“Kinerja Anggota DPR RI Periode 2014 sampai dengan 2019 ini yang terburuk,” kata Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (8/1/2018).

Dedek menyebut minimnya kinerja legislasi dan tingkat presensi (kehadiran) anggota DPR RI pada rapat paripurna yang relatif sangat rendah.

Tingkat kehadiran anggota DPR RI pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2018/2019, Senin (7/1/2019) kemarin misalnya, tercatat sebanyak 310 anggota tidak hadir. Padahal rapat tersebut merupakan hal yang wajib diikuti kecuali sakit dan izin.

“Anggota DPR RI saat ini sering dikritik, tetapi masih juga bolos,” ujar Dedek.

Menurut Uki, partai politik sebenarnya memiliki peran besar dalam menentukan kendali kinerja kadernya di DPR RI, namun ternyata hal tersebut kurang diperhatikan.

“Partai politik terkesan tidak peduli dengan absensi dan kinerja kadernya yang rendah di DPR RI,” katanya.

Berbeda dengan PSI, Dedek menyebut partainya telah membuat pakta integritas kepada para caleg.

“Kalau sudah menjadi anggota DPR RI dan sering bolos, akan diberhentikan dari anggota DPR RI. Dalam hal ini, PSI akan menentukan rating kinerja anggota DPR-nya dengan aplikasi online,” katanya. (rio)

 

 

 

News Feed