oleh

Terungkap! Dalang Hoax Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos Ternyata Ketua Kornas Prabowo Presiden

-Nasional-283 views

 

Jakarta, Radar Pagi –  Polisi akhirnya menangkap pembuat hoax tujuh kontainer surat suara Pemilu 2019 dari Tiongkok sudah tercoblos. Adalah Ketua Umum Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo Presiden, Bagus Bawana Putra yang dicokok polisi karena diduga menjadi dalang hoax tersebut. 

Meski berstatus sebagai Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo, namun kelompok relawan itu disebut tak terdaftar di Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“B sudah ditetapkan sebagai tersangka. Diduga (yang) pertama kali menyebarkan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019) malam.

Dedi menerangkan penyidik juga akan menelusuri siapa aktor intelektual di balik hoax ini. “Tim ini akan menuntaskan semaksimal mungkin,” tutup dia.

Dedi Prasetyo mengatakan terduga B ditangkap di kawasan Bekasi. Mengenai identitas lengkapnya, polisi belum mau membuka.

Sebelum Bagus, polisi sudah menetapkan tiga tersangka lain, yakni HY, LS, dan J. Ketiga orang tersebut diduga menyebarkan konten hoax surat suara tercoblos melalui akun Facebook dan grup whatsapp. Meski berstatus tersangka, ketiganya tidak ditahan. 

Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan hasil identifikasi menunjukkan bahwa hoaks tujuh kontainer surat suara pertama kali muncul pada 1 Januari 2019 pukul 23.35 WIB lewat media sosial kemudian menyebar luas ke tengah masyarakat. (jar)

 

News Feed