oleh

Kekurangan Personil, Polres Nias Selatan Harapkan Kerjasama Bawaslu Jaga Pelaksanaan Pemilu

-Sumatera-48 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta S.I.K bersama Kabag Ops Kompol Martin Luther Dachi S. Sos, dan Kasat Intelkam AKP Jos Tumpak Simanjuntak SH, mengunjungi Kantor Bawaslu Nias Selatan di Jl. Saonigeho Km. 2 Kelurahan Pasar Telukdalam, pada Kamis (24/1/2019) siang.

Adapun kunjungan ini dimaksudkan agar komunikasi antara Polres Nias Selatan, Bawaslu dan KPU bisa  ditingkatkan jelang Pesta Dekokrasi 2019, apalagi mengingat Bawaslu adalah salah satu ujung tombak terselenggaranya pemilu damai dan bersih

Kapolres juga menyampaikan bahwa pihaknya harus mengubah pola pengamanan dalam penyelenggaraan Pileg dan Pilpres kali ini karena kemungkinan tidak mendapatkan personil pengamanan tambahan yang diajukan ke Polda Sumut.

Namun Kapolres berharap dengan keterbatasan jumlah personil, pesta demokrasi tetap berjalan dengan aman dan lancer asalkan terjalin kerjasama yang baik, terutama antara kepolisian dengan Bawaslu.

“Sehingga dengan keterbatasan personil, Polres Nias Selatan bersama Bawaslu dapat menjaga pesta demokrasi berjalan lancar, aman dan damai,” katanya.

Harapan Kapolres senada dengan pernyataan Kabag Ops Polres Nias Selatan, Kompol Martin Luther Dachi S. Sos. Menurutnya, jumlah personil yang akan melaksanakan pengamanan TPS di Kabupaten Nias Selatan sangat minim dan tidak mengcover jumlah TPS yang ada, sehingga perlu dukungan dari jajaran Bawaslu untuk mengawasi pemilu.

“Kami berharap kepada Bawaslu untuk memberikan bimbingan kepada Panwascam, sehingga siap dalam mengawasi pemilu nantinya dan termasuk kesiapan personil Sentra Gakkumdu,” katanya.

Kompol Martin juga Berharap Bawaslu memberikan masukan pemetaan kerawanan agar nantinya nantinya di wilayah itu dapat pengamanannya dapat diutamakan.  

Menanggapi hal tersebut, Bawaslu menyampaikan kriteria kerawanan pemilu, yaitu  kerawanan geografis, kerawanan daerah yang sering ada ancaman/intimidasi kepada penyelenggara pemilu, komunikasi/jaringan telekomunikasi yang masih belum mencakup semua daerah di Kabupaten Nias Selatan, dan sejarah pemilu di daerah TPS sebelumnya.

“Bawaslu siap untuk terus memonitor dan menyampaikan daerah rawan kepada pihak Polres, sehingga dapat menekan terjadinya pelanggaran pemilu,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Selatan Filipus F. Sarumaha.

“Bawaslu juga akan melakukan koordinasi ke Polres Nias Selatan jika ada mengalami kendala ataupun kesulitan dalam menghadapi pemilu,” sambungnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Komisioner Bawaslu Alismawati Hulu dan Harapan Bawaulu, Sekretaris Bawaslu Murniati Dakhi, Kanit I Politik Sat IK Bripka Adrianus Laia, Kasubbag Humas Brigpol Dian Octo L. Tobing, serta personil piket pengamanan Kantor Bawaslu. (WL)

News Feed