oleh

Tersesat di Belantara Kalimantan, Ini Rahasia Nenek Aminah Bertahan Hidup

-Kalimantan-203 views

Kubu Raya, Radar Pagi – Aminah (56) warga Dusun Tabau Makmur, Desa Pulau Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat hilang di dalam hutan belantara. Beruntung dia mampu bertahan dengan mencari sungai dan makan pucuk rotan.

Hilangnya nenek Aminah sejak Sabtu (26/1/2019) sempat menggegerkan warga. Pihak keluarga dibantu warga setempat langsung melakukan usaha pencarian selama berhari-hari, namun gagal. Akhirnya pada Selasa (29/1/2019), keluarga meminta bantuan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak.

Petugas pun langsung menuju lokasi hilangnya nenek Aminah lengkap dengan peralatan memadai, termasuk alat navigasi, medis, dan alat pendukung operasi SAR.

Akhirnya pada hari kedua pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan, Rabu (30/1/2019), nenek Aminah berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

“Ketemu sekitar 4,62 kilometer dari lokasi hilang, saat ditemui nenek Aminah sedang berada di tepi sungai,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Hery Marantika, beberapa waktu lalu.

Dia menerangkan, selama dalam pencarian ini tim gabungan menggunakan metode tracking paralel. Dengan radius 500 meter dan luas area 700.000 meter persegi.

“Nenek Aminah ini kemudian dievakuasi ke rumah beliau untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan medis awal oleh anggota kami,” ujarnya.

Setelah dipastikan tidak terjadi keadaan yang membahayakan, Aminah diserahkan kepada pihak keluarga dan operasi SAR ini ditutup atau dinyatakan selesai.

“Tidak lupa juga kami berterimakasih kepada semua unsur dan kalangan masyarakat yang telah melakukan pencarian ini hingga selesai. Diharapkan kerja sama seperti ini dapat terus ditingkatkan,” ucapnya.

Berdasarkan informasi pihak keluarga, nenek Aminah masuk ke dalam hutan hendak mencari rotan. Sebagai warga asli setempat, nenek Aminah sudah terbiasa keluar masuk hutan. Namun mungkin dikarenakan faktor usia, entah kenapa kali ini nenek Aminah gagal menemukan jalan pulang. (ria)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

News Feed