oleh

Pentas Malam Imlek di Kota Surakarta Berlangsung Meriah

-Nasional-396 views

Surakarta, Radar Pagi – Ribuan orang tumpah ruah di kawasan Pasar Gede Solo di malam pergantian tahun baru Imlek 2570/2019.

Acara perayaan Imlek kembali dipusatkan di Pasar Gede yang juga merupakan kawasan pecinan di Kota Solo (Kota Surakarta). Namun tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini tak ada kembang api yang menghiasi langit kota Surakarta.

Namun lima ribu lampion yang dipasang di kawasan Pasar Gede sampai Jalan Jenderal Sudirman dan Kali Pepe telah disiapkan panitia dan dimanfaatkan banyak warga sebagai latar belakang untuk berfoto.

Berbagai pentas seni ditampilkan untuk menghibur warga hingga tengah malam. Hiburan tersebut di antaranya atraksi barongsai dari Polresta Surakarta dan parade musik Band lokal yang antara lain menghadirkan Optimis, Shelter, Enggal Waras, Matrix, A Minor, Morning Warrior Band, D’ Diamond.

“Sedikitnya 7 Band  tampil. Lalu juga ada pertunjukan barongsai,” kata Ketua Panitia Bersama Solo Imlek, Angga di area Pasar Gede.

Panitia juga memasang lambang 12 shio yang terbuat dari rotan di kawasan Bank Indonesia. Terdapat pula 12 lampion shio, 12 neon box shio dan lampion.

Dalam hal pengamanan perayaan malam Imlek dari Polresta Surakarta menyiapkan 1 SSK gabungan TNI-Polri untuk mengamankan perayaan Imlek serta para pengunjung di depan Pasar Gede yang berhadapan langsung dengan Klenteng Tien Kok Sie. Di samping itu juga untuk memberi aman bagi umat Konghucu yang beribadat di Klenteng.

Babinsa Sertu Jhony Dedy Tamonob, Koptu Agus Supomo dan Bhabinkamtibmas Sudiroprajan Aipda Giat Riyono sebagai prajurit yang berada di bawah naungan Kodim 0735/Surakarta turut diterjunkan untuk melakukan pemantauan keamanan.

Gerebek Sudiroprajan

Sebelumnya, acara Grebek Sudiroprajan 2019 yang merupakan tradisi tahunan Pemerintah Kota Surakarta juga digelar di Depan Pasar Gede Solo, Minggu (3/2/2019). Tema tahun ini adalah Kebhinekaan.

Anggota Koramil 04 Jebres Kodim 0735 Surakarta Sertu Jhoni dan Koptu Agus S turut diturunkan untuk membantu pengamanan jalannya kegiatan Karnaval Grebeg Sudiroprajan Tahun 2019 tersebut.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari beragam acara yang digelar untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2570.

Dalam acara ini ditampilkan Karnaval yang diikuti sekitar 1.500 peserta yang terbagi dalam 50 kelompok. Mereka berpawai menempuh jarak sekitar 2,5 km.

Dalam Karnaval tersebut terlihat replika Burung Garuda sebagai lambang persatuan etnis Jawa dan etnis Tionghoa dalam kegiatan Karnaval Grebeg Sudiroprajan. Ada pula replika Stasiun Jebres dan Klenteng Tien Kok Sie sebagai salah satu tempat ibadah sekaligus destinasi wisata lokal.

Hadir dalam Kegiatan Karnaval ini Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota H.Purnomo, Ketua DPRD Surakarta Drs.Teguh Prakoso, Dinas Pariwisata Hasto Gunawan, Lurah Sudiroprajan Drs.Dalima dan Ketua Klenteng Liem Koh Sun.

Dalam acara Karnaval Grebeg Sudiro Tahun ini di  hadiri kurang lebih 10.000 Pengunjung baik dalam dan luar Kota Surakarta. (agus)

 

  

News Feed