oleh

Ramai Petisi Daring Tuntut Nike Tarik Sepatu Berlafaz Mirip Allah

-Utama-146 views

Jakarta, Radar Pagi – Koleksi sepatu Air Max 270 produksi Nike menuai protes dari kalangan umat Islam. Alasannya, sepatu ini memiliki logo menyerupai tulisan ‘Allah’ dalam bahasa arab pada bagian sol sepatu.

Untuk mendesak pihak Nike menarik sepatu itu dari peredaran, lebih dari 33.000 orang, hingga Selasa (5/2/2019), menandatangani petisi daring.

Petisi di situs change.org tersebut diajukan oleh Saiqa Noreen.”.

“Tulisan mirip lafaz Allah itu ditempatkan pada bagian bawah sepatu, sehingga tulisan ini akan diinjak dan terkena tanah bahkan kotoran,” kata Noreen.

Dia mendesak Nike menarik sepatu ini secepatnya. Dia juga meminta Nike untuk melakukan pengawasan sebelum meluncurkan produk ke pasar.

“Ini memalukan dan menjadikan prihatin bagaimana Nike membolehkan nama Tuhan ada pada sol sepatu?” katanya.

“Saya meminta semua Muslim dan semua orang yang menghargai kebebasan beragama untuk menandatangani petisi ini,” tambah Noreen.

Nike sendiri telah mengeluarkan pernyataan bahwa desain yang dibuat memang dirancang sedemikian rupa untuk mencerminkan merek dagang Nike Air Max.

“Hanya diniatkan untuk mencerminkan merek AIR MAX,” kata Nike.

Adapun bentuk lengkungan seperti huruf ‘W’ dengan bagian bawah membulat yang dalam bahasa Arab artinya jadi mirip lafaz Allah, Nike menyebut bentuk logo tersebut disetujui karena terlihat keren.

Pihak Nike menegaskan tidak ada niat lain di balik pembuatan logo tersebut. Adapun kemiripannya dengan lafaz Allah semata-mata hanya karena kebetulan. Meski begitu, Nike tetap memerhatikan persoalan ini secara serius.

“Nike menghormati semua agama dan kami menganggap masalah ini sangat serius,” kata Nike.

Nike memang terbukti bertanggungjawab atas produknya yang diklaim menyinggung agama lain. Pada 1997 silam, menarik sekitar 38 ribu pasang sneakers Air Bakin karena kata ‘Air’ pada sepatu tersebut juga menyerupai tulisan Allah dalam bahasa Arab.

Ini bukan pertama kalinya Nike disorot gara-gara desain yang dikatakan mirip dengan tulisan Allah dalam huruf Arab.

Sebagai bentuk permintaan maaf atas ketidaktahuan dan ketidaksengajaannya itu, Nike juga menyumbang uang sebesar US$50.000 ke satu sekolah dasar Islam di Amerika Serikat, yang dipakai untuk membangun tempat bermain bagi anak-anak. (jar)

 

News Feed