oleh

Tanamkan Cinta Tanah Air, Kodim 0735/Surakarta Gelar Upacara Bendera

-Jawa-125 views

Surakarta, Radar Pagi – Seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodim 0735/Surakarta melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Upacara Makodim 0735/Surakarta Jln.A Yani No.349, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo, Senin (4/2/2019).   

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0735/Surakarta Letkol inf Ali Akhwan S.E, Sementara Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Cba Kurdi didaulat sebagai Komandan Upacara, Serda Sukatno sebagai pengucap Sapta Marga, serta pasukan pengibar bendera dipercayakan kepada Sertu Sunarno, Serda Warseno, dan Serda Ahmad dari anggota Koramil 05/Pasar Kliwon.       

Perwira Seksi Operasional (Pasiops) Kodim 0735/Surakarta Kapten Inf Edi Susilo saat ditemui usai pelaksanaan Upacara tersebut menegaskan bahwa upacara pengibaran bendera ini dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme, cinta tanah air serta solidaritas prajurit.   

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan, dan untuk menghormati Sang saka Merah Putih, serta menumbuhkan Jiwa kedisiplinan bagi Prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, serta delapan wajib TNI,” ujar Kapten Inf Edi Susilo.

Selain itu, sambung Kapten Inf Edi Susilo, upacara ini juga sebagai upaya untuk mengingatkan kepada seluruh Prajurit dan TNI Khususnya Kodim 0735/Surakarta sebagai sarana Komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staff dan anggota, agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk, dan informasi dapat mengalir sampai ke unsur paling bawah, serta dipahami secara seksama, untulk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas.

Di tempat terpisah, pada hari dan tanggal yang sama, Serma Yuliyanto Bati Komsos Koramil 05/Psk dan Serda Marno Babinsa Kelurahan Semanggi koramil 05/Psk menjadi pembina upacara pada upacara bendera di SD Negeri Semanggi Lor dan SD Negeri Tegalrejo Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasarkluwon, Kota Surakarta.

Sedikitnya 350 orang.mengikuti kegiatan tersebut, di antaranya Kepala Sekolah SD Negeri Semanggi Lor dan Kepala Sekolah SD Negeri Tegalrejo, para guru, staf TU dan siswa-siswi SD Negeri Semanggi Lor dan SD Negeri Tegalrejo.

Dalam amanatnya, Serda Marno menjelaskan bahwa salah satu wujud cinta tanah air adalah melaksanakan upacara bendera dengan baik dan dengan penuh hidmat.

“Hidmat artinya adalah melaksanakan upacara dengan sepenuh hati, dengan tertib, berpakaian yang rapih dan tidak ngobrol sendiri,” tegasnya.

Lebih Lanjut dia menegaskan bahwa sejarah perjuangan para pahlawan untuk menaikkan bendera merah putih memerlukan pengorbanan yang sangat besar, pengorbanan yang sangat banyak baik harta, benda maupun nyawa.

“Bendera merah putih adalah merupakan simbol kemerdekaan bangsa indonesia, jadi bagaimana caranya supaya bendera merah putih ini bisa berkibar di angkasa,” katanya.

“Sekarang kita sudah lahir di jaman merdeka. Bukan berarti kita bebas tapi kita masih berjuang, perjuangan kita adalah melawan kemalasan, jadi dalam diri kita yang masih malas harus berjuang, tinggalkan malas itu dan kedua melawan kebodohan,” tambahnya. (pardal/agus)

 

  

  

News Feed