oleh

Soal Isu Anggaran Bocor Rp500 Triliun, Luhut Nasihati Prabowo Agar Jangan Suka Berbohong

-Utama-70 views

Rembang, Radar Pagi – Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut ada kebocoran anggaran negara sebesar Rp 500 triliun per tahun. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, pernyataan tersebut adalah bohong.

“Memang ada yang bocor, tapi kalau dibilang berlebihan itu sama sekali tidak. Ndak betul itu, bohong itu,” jelas Luhut kepada wartawan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung, Rembang, Jawa Tengah, Jum’at (8/2/19).

Luhut menantang Prabowo untuk membuktikan pernyataan itu. “Kalau dia mau, buktikan itu. Kita ngapain sih capek-capek lapor-melapor itu. Biarin saja mereka bohong,” ujar Luhut.

Luhut pun memberikan nasihat agar Prabowo jangan gemar berbohong.

“Kamu dengar pesan saya sebagai orang tua, kamu itu jangan hidup dari bohong satu ke bohong yang lain, kalau kamu ksatria katakanlah benar ya benar, salah ya salah. Itu kan agama ngajari,” katanya.

Senada dengan Luhut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membenarkan adanya kebocoran karena korupsi, tapi tidak sebesar yang disebut Prabowo.

“Iya tentu, kalau tidak bocor kenapa banyak aparat pemerintah yang tertangkap? Tapi kesimpulannya tidak berlebihan,” kata JK di kantor pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019).

JK menyebut, kebocoran anggaran terjadi karena ada pejabat hingga kepala daerah yang melakukan korupsi. Tapi JK menegaskan persentasenya tak seperti yang disebut Prabowo.

Sebelumnya, Jokowi meminta Prabowo menunjukkan bukti dan tidak asal bicara. Jokowi juga menantang Prabowo untuk melaporkan temuannya ke KPK. “Laporin ke KPK dengan bawa bukti-bukti dan bawa fakta-fakta. Jangan asal… (sambil menunjuk mulut),” ujar Jokowi seusai menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2019 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/1019) kemarin.

“Kalau memang bocor sampai 25%, laporin aja ke KPK. Duit gede banget itu. Dulu 2014 coba diingat-ingat, 2014 katanya bocor Rp 7,200 triliun. Sekarang itu bocornya kalau 25% itu berarti Rp 500 triliun. Duitnya gede banget Rp 500 triliun,” kata Jokowi. (jar)

News Feed