oleh

Diduga Pungli, Honorer BPN Kena OTT Polres Nias Selatan

-Hukum-150 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Polres Nias Selatan meringkus salah seorang tenaga honorer Badan Pertanahan  Nasional (BPN) Kabupaten Nias Selatan berinisial RJP. Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan oleh Satuan Reskrim Polres Nias Selatan di Kantor BPN Jl. Baloho Indah, Sabtu (9/02/2019) pekan lalu, terkait dugaan pungutan liar (pungli) pengurusan sertifikat tanah.

Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta menjelaskan, OTT berawal dari pengaduan masyarakat yang kemudian diselidiki oleh tim Satreskrim Polres Nias Selatan.

“Pelaku diamankan setelah kita melakukan undercover di Kantor BPN Jalan Baloho Indah Telukdalam pada hari Sabtu 9 Februari 2019. Saat diamankan, petugas menyita barang bukti uang tunai sebesar Rp 3,6 juta di tangan pelaku. Dan kasus ini masih terus didalami,” ujar I Gede saat konferensi pers di Satrekrim Polres Nias Selatan, Rabu (13/2/2019).

Dalam operasi tersebut beberapa barang bukti lain yang telah amankan di antaranya HP dan sejumlah surat-surat serta beberapa sertifikat tanah dan baju dinas Badan Pertanahan. 

Tersangka RJP mengaku telah melakukan aksi pungli tersebut sejak ia bekerja sebagai honor di Kantor BPN Nias Selatan dengan menggunakan pakaian Dinas BPN.

“Kutipannya bervariasi, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 3,6 juta,” tutur RJP.

“Tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP Subs 378 dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” sambung I Gede. (WL)

News Feed