oleh

Perusahaan Prabowo Disebut Pekerjakan TKA Cina untuk Kelola Lahan di Aceh 

-Utama-86 views

Banda Aceh, Radar Pagi – Lahan PT Tusam Hutani Lestari (THL) milik Prabowo Subianto di Aceh saat ini dimanfaatkan untuk pengambilan getah pinus. Disebut-sebut tidak ada warga setempat yang dipekerjakan secara resmi di sana, karena perusahaan Prabowo menggunakan tenaga kerja asing, terutama asal China.

“Awalnya tenaga-tenaga kerja China semua di situ,” kata Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Linge Fauzan Azima, Kamis (21/2/2019).

Masyarakat di sekitar lahan, kata Fauzan, tidak ada yang bekerja secara resmi di perusahaan tersebut. Warga sekitar hanya mengambil getah atas izin PT THL.

“Sekarang lahan itu mereka manfaatkan untuk ambil getah. Ada sebagian masyarakat (yang ambil getah), dan pihak ketiga,” katanya.

Menurut Fauzan, PT THL seharusnya menanam kembali pohon-pohon yang sudah ditebang di dalam lahan. Namun, setelah mendapat izin konsesi kedua, mereka tidak melakukan penanaman sama sekali.

“Jadi lahan-lahan itu telantar, sampai… karena saya dulu waktu itu kan Kepala Badan Pengelola Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) jadi ada 30 ribu hektare lahan PT itu yang masuk ke dalam KEL. Itu memang dulu kita sangat kita tentang kawasan itu ditebang, karena itu masuk KEL,” ungkap Fauzan.

“Rupanya mereka dapat izin konsesi itu mereka ingin tebang yang 30 ribu itu karena yang lain sudah gundul,” bebernya.

Sampai berita ini diturunkan, kebenaran informasi itu belum bisa dikonfirmasikan. Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh tidak berada di tempat saat wartawan ingin menanyakan hal ini. (agse/asp/dtc/jar)

News Feed