oleh

Sudah Jatuh Ketimpa Tangga, Sandiaga Dilaporkan 11 Mantan GAM Terkait Hoaks Lahan Prabowo

-Politik-397 views

Banda Aceh, Radar Pagi – Cawapres Sandiaga Uno dilaporkan oleh 11 mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Bener Meriah ke Mapolda Aceh, terkait pernyataan Sandi yang menyebut lahan Prabowo Subianto di Aceh dipakai eks kombatan GAM. Selain Sandiaga, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar juga dilaporkan

“Yang kami laporkan itu ada 2 yaitu Dahnil Anzar Simanjuntak dan Sandiaga Uno,” kata Kuasa Hukum Eks Kombatan GAM, Muhammad Reza Maulana kepada wartawan di Mapolda Aceh, Senin (25/2/2019).

Menurut Reza, kliennya membantah pernyataan kedua terlapor terkait penggunaan lahan tersebut.

“Karena dua orang ini berbicara tentang eks kombatan menggunakan lahan Prabowo dan faktanya itu tidak benar. Intinya kami mewakili teman-teman eks kombatan ingin mengklarifikasi dan menempuh jalur hukum supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Reza.

Dugaan Hoaks Nelayan Dipersekusi

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, itulah nasib Sandiaga saat ini terkait pernyataan-pernyataannya yang dinilai berisi kebohongan. Sebelumnya, polisi juga menyelidiki kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks oleh Sandiaga Uno. Sandiaga menyebut ada persekusi dan kriminalisasi oleh aparat kepada nelayan asal Kecamatan Cilamaya Kulon bernama Najib. Informasi itu dia sampaikan saat debat Pilpres putaran pertama.

“Kasus ini sedang dalam tahap penyelidikan, nanti detailnya kami sampaikan,” kata Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Senin (25/2/2019).

Dua saksi yang diperiksa adalah Edy Sulistiyono tim sukses Muanas Alaidid, caleg PSI, dan seorang warga Cilamaya bernama Cucun Cunayah (21). Keduanya diperiksa sekitar 1,5 jam di Mapolres Karawang, Senin siang tadi. 

Kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan, Cucun mengakui dampak keresahan yang terjadi di tengah masyarakat akibat pernyataan Sandiaga itu.

“Pak Sandiaga sudah jadi topik pembicaraan tidak hanya di Karawang. Bahkan banyak pro kontra dan perdebatan di masyarakat Cilamaya,” kata Cucun. (jar)

 

  

News Feed